Oleh Bachtiar pada hari Sabtu, 15 Okt 2022 - 14:49:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Komnas Perempuan Dukung Bang JO Berdayakan Mama Papua

tscom_news_photo_1665820192.jpg
Komisioner Komnas Perempuan, Theresia dan jajaran Korem 172/PWY Distrik Abe Pura (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Komisioner Komisi Nasional Perempuan Theresia mendukung Korem 172/PWY Distrik Abepura yang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pemberdayaan ekonomi mama Papua. Kegiatan atas inisiasi Komandan Korem 172/PWY Distrik Abepura Brigjen TNI JO Sembiring yang kerap disapa Bang JO.

"Saya apresiasi kegiatan ini. Saya berharap ini bukan hanya sekedar kegiatan saja, akan tetapi terus dilakukan pengecekan terhadap perkembangannya," kata Theresia kepada wartawan, Jumat (14/10/2022).

Ditambahkan Theresia, yang terpenting adalah keamanan sosial politik dan ekonomi serta jaminan kesinambungan kerja mereka.

"Keamanan di wilayah konflik menjadi isu krusial dalam berwirausaha dan menyumbang pada keberlanjutan. Oleh karena itulah dibutuhkan program tersktruktur sehingga dapat ditentukan kapan mereka dapat secara mandiri berwirausaha," paparnya.

Theresia juga sepakat dengan Bang JO yang melakukan pendampingan. Namun Theresia meminta Bang JO dan timnya menjamin produk mereka akan selalu dijaga baik secara kualitas dan pasar.

"Selain itu, dibutuhkan kesabaran untuk mendampingi mereka secara intens mengingat teknologi yang tidak terlalu dikenali misalnya," katanya.

Terkait diversifikasi usaha, kata Theresia, memang sangat penting. Namun yang penting juga ketersedian bahan baku yang berasal dari alam. Karena itu hutan mereka harus dijaga.

"Afirmasi yang dibutuhkan adalah juga pada pasar. Penting dijamin bahwa pasar dapat membeli produk mereka. Juga kampanye produk melalui branding yang tepat," sarannya.

Sebelumnya, Korem 172/PWY Distrik Abepura sukses menggandeng Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua, Kemenkumham Provinsi Papua serta DPD Iwapi Papua menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi mama-mama Papua selama tiga hari, 6 - 8 September 2022.

Kegiatan bimtek yang digelar di Aula Makorem 172/PWY Distrik Abepura dengan tajuk "Gebyar mama Papua Mampu" sukses digelar, kegiatan tersebut diikuti sekitar 110 Mama-mama Papua dengan penuh antusias. Mama-mama Papua mendapat bimbingan dan pendampingan serta bantuan bantuan usaha.

"Ini sebagai bentuk upaya dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan di Tanah Papua," kata Bang J0 dalam pernyataan pers yang diterima wartawan, Rabu (12/10/2022).

Dalam pidato penutupan Bimtek, Bang JO berpesan kepada mama Papua untuk tidak berhenti atau selesai pada sebatas pelatihan. Kegiatan usaha harus terus maju dan terus berkembang.

“Semua ini butuh kerja keras, saya yakin prajurit saya rela dan bekerja keras untuk membantu mama-mama Papua dalam menjalankan usahanya sampai sukses. Hal ini dilakukan sebagai wujud mendukung program pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat Papua,” tuturnya.

Bang JO berpesan kepada mama-mama Papua agar ilmu yang telah didapatkan dapat diimplementasikan sehingga meningkatkan perekonomian keluarga.

“Yang pasti ilmu sudah dapat, namun jangan hanya tersimpan di kepala tetapi tidak ada pelaksanaannya, teruslah bekerja dan menggunakan ilmu yang telah diberikan. Kami percaya bahwa mama-mama ini mampu dan akan berusaha untuk mandiri,” pungkas Bang JO.

Selain bantuan permodalan dari Bank Papua dan BRI untuk mama Papua, Korem juga memberikan bantuan beberapa unit sepeda motor untuk usaha berjalan dan alat pendingin (freezer).

Gerakan Mama Papua Mampu adalah program yang diinisiasi oleh Bang JO khusus untuk mama-mama Papua dengan melibatkan para stakeholder dan sponsor.

Bang JO dibantu para Babinsa dan juga tim. "Mama-mama Papua dalam menjalankan usahanya mendapatkan pendampingan dan dibantu dalam segala keperluan legalnya," kata Bang JO.

"Saya berharap agar mama-mama Papua ini lebih sejahtera hidupnya, juga lebih bisa mengembangkan keahliannya dan program ini terus berkembang dan berkelanjutan," ujar Bang JO.

tag: #papua  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...
Berita

KPK Diminta Jelaskan Alasan Periksa Shanty Alda di Kasus Dugaan Korupsi Abdul Gani Kasuba

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mantan Penyidik KPK, Yudi Purnomo mengatakan Penyidik KPK harus transparan dalam menangani perkara dugaan korupsi yang menyeret Gubernur Maluku Utara nonaktif, Abdul Gani ...