Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 22 Nov 2022 - 13:06:38 WIB
Bagikan Berita ini :

Akbar Tanjung Kepada SOKSI: Pengalaman Panjang Modal Penting Partai Golkar Menangkan Pemilu 2024

tscom_news_photo_1669097198.jpg
Akbar Tanjung dan Soksi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tanjung menyatakan, pengalaman panjang dan berliku yang dimiliki Partai GOLKAR merupakan modal penting dalam memenangkan Pemilu 2024.

Hal ini disampaikan Akbar Tanjung kepada Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI, Ali Wongso yang didampingi Sekjen Riko Heryanto, Waketum Valentino Barus, Ketua Bina Desa Iwan Sulaiman Sulasno, Ketua Bid.Hukum Neil Sadek, Wasekjen Prasetyo, Netty, dan belasan pengurus lainnya, di kantor Akbar Tandjung Institute, kawasan Pancoran, Jakarta Selatan pada Senin (21/11/2022).

"Keberhasilan Partai Golkar menghadapi berbagai tantangan, khususnya badai tsunami politik di awal era reformasi lalu sungguh menjadi modal besar dalam melanjutkan perjuangan organisasi kedepan, termasukdalam menghadapi dan memenangkan Pemilu 2024," kata Akbar Tanjung.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Periode 1999-2004 itu menegaskan, tantangan yang Golkar hadapi pada masa lalu sungguh berat. Begitu banyak hujatan dan upaya pendiskreditan hingga yang terberat adalah upaya membubarkan Partai Golkar.

"Ketika itu dengan menempuh jalur hukum melalui Mahkamah Agung dan juga MPR RI disertai gerakan konsolidasi dan penggalangan dukungan rakyat, Partai Golkar tetap eksis dan bahkan Partai Golkar mampu menjadi pemenang pertama Pada Pemilu 2004 dengan perolehan 24.480.575 suara dan 128 kursi di DPR," tegas Bang Akbar, sapaan akrabnya.

Namun sayangnya, lanjut Bang Akbar, selanjutnya perolehan suara Partai Golkar terus mengalami penurunan meski masih mampu menduduki tempat kedua. Tetapi dalam menghadapi Pemilu 2024 mendatang, meskipun tinggal setahun lebih lagi, diharapkan Partai Golkar akan dapat merebut kembali kemenangan seperti 2004 itu.

Untuk itu, Mantan Menteri Sekretaris Negara era Presiden Habibie itu berharap seluruh organ partai dan ormas Partai Golkar termasuk SOKSI dari tingkat pusat hingga rantingdi pedesaan harus solid berjuang untuk meraih kemenangan Pemilu 2024.

"Sumbangsih SOKSI sebagai organisasi yang matang dan berpengalaman dalam perjuangan politik , tentulah sangat diperlukan dalam waktu yang sudah sangat pendek ini. Soliditas organisasi dan kerjasama dengan organ lainnya, khususnya dengan Kosgoro 1957 dan Ormas MKGR sebagai Trikarya beserta Hastakarya akan menjadi pendorong kuat pemenangan Partai Golkar," kata Bang Akbar.

Dalam audiensi Dewan Pimpinan Nasional SOKSI itu, Akbar Tandjung juga menyampaikan meskipun secara formal dirinya merupakan kader MKGR oleh karena kedekatannya dengan Pak Sugandi Pendiri MKGR dimasa lalu, namun secara ideologis sebenarnya dirinya lebih dekat dengan SOKSI.

Kedekatan itu terbangun ketika dirinya masih kader muda HMI pada tahun 1960-an yang dimasa itu mengalami dan merasakan kuatnya kebersamaan HMI dengan SOKSI dipimpin Pak Suhardiman dalam perjuangan membela Pancasila dari rongrongan PKI. Bahkan ketika itu ada “thesis PKI yang mendesak Presiden Bung Karno agar supaya membubarkan SOKSI dan HMI”.

"Oleh karena kedekatan ideologis itu, maka dalam memanfaatkan waktu yang tersisa guna memantapkan langkah dan upaya bersama memenangkan Partai Golkar pada Pemilu 2024 , saya terbuka berdikusi dengan Dewan Pimpinan Nasional SOKSI untuk melanjutkan pertemuan silaturahim ini," lanjut mantan Ketua DPR RI periode 1998 - 2004 itu.

Pada audiensi itu, Ali Wongso menyampaikan kepada Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar itu, bahwa Munas X SOKSI Tahun 2017 telah mengamanatkan Munas XI SOKSI diselenggarakan pada Tahun 2022 ini sesuai AD/ART SOKSI dan Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) SOKSI akan menyelenggarakannya di Pekanbaru - Riau pada tanggal 9 -11 Desember 2022 dengan Thema : “SOKSI Bangkit Bergerak -Partai GOLKAR Menang – Indonesia Maju”.

"SOKSI sangat menghargai tinggi prestasi kepemimpinan Bang Akbar diawal era reformasi yang ditandai sangat besar dan beratnya ancaman, tantangan, hambatan,gangguan pada Partai Golkar, namun sejarah mencatat Partai Golkar dibawah kepemimpinan Bang Akbar Tanjung tetap eksis dan bahkan mampu menggalang kekuatan dan dukungan rakyat kepada Partai Golkar menjadi pemenang pertama Pada Pemilu 2004," katanya.

Karena itu, Ali Wongso berharap Bang Akbar berkenan mentransfer pengalaman luar biasa itu sebagai guru yang baik kepada para kader muda termasuk kader-kader SOKSI yang akan datang dari seluruh Indonesia pada Munas XI SOKSI di Pekanbaru.

Merespons permintaan Ali Wongso Ketua Umum SOKSI itu, Bang Akbar Tanjung mengatakan Insya Allah akan hadir pada Munas XI SOKSI di Pekanbaru untuk memberikan motivasi dan transfer pengalaman pemenangan Partai Golkar pada Pemilu untuk menghadapi Pemilu 2024 mendatang.

Pada akhir pertemuan, setelah Bang Akbar membagikan buku berjudul "Partai Golkar Menyongsong Pemilu 2024".

Tokoh yang baru saja memperoleh penghargaan tertinggi Bintang Tanda Jasa: Grand Cordon of the Order of the Rising Sun dari Pemerintah Jepang itu, memimpin dengan semangat memekikkan salam perjuangan SOKSI "...Maju Terus...!!!, Pantang Mundur ...!!!".

tag: #soksi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dirgahayu Indonesia 17 Agustus 1945 - 2022
advertisement
Ir.H. Achmad Hafisz Tohir - HUT RI ke 77
advertisement
Selamat HUT RI ke77 - Ahmad Najib
advertisement
Selamat HUT RI ke 77-Mohamad Hekal
advertisement
Selamat HUT RI ke77 - Ahmad Najib
advertisement