Oleh Bachtiar pada hari Rabu, 23 Nov 2022 - 16:45:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Hadapi Bencana Alam, Abdul Wachid Dukung Pembentukan Kampung Siaga Bencana

tscom_news_photo_1669196718.jpg
Abdul Wachid Politikus Gerindra (kemeja coklat-kanan) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kepala Kelompok Fraksi (Kapoksi) Partai Gerindra di Komisi VIII DPR RI, Abdul Wachid mendukung upaya pemerintah membentuk Kampung Siaga Bencana.

Menurutnya, hal itu diperlukan, mengingat Indonesia adalah negara dengan resiko kebencanaan cukup tinggi.

"Kampung Siaga Bencana merupakan wadah atau design penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang dijadikan kawasan/tempat untuk program penanggulangan bencana," papar Ketua DPD partai Gerindra Jawa Tengah (Jateng) itu saat menggelar acara Sosialisasi Pembentukan Kampung Siaga Bencana, di Jepara, Selasa (22/11/2022).

Wachid menjelaskan, Kampung Siaga bertujuan memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang bahaya dan risiko bencana.

"Serta membentuk jejaring siaga bencana berbasis masyarakat," ucap Anggota Komisi VIII DPR RI itu.

Tak hanya pembentukan Kampung Siaga Bencana, Wachid juga menekankan agar para relawan siaga bencana harus benar-benar siap siaga kapanpun dibutuhkan.

"Mengingat yang namanya bencana alam sewaktu-waktu dapat terjadi," tandasnya.

Bicara potensi bencana, kata dia mencontohkan, beberapa daerah di Kabupaten Jepara merupakan daerah rawan bencana, untuk itu diperlukan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang bahaya dan resiko dari bencana alam itu sendiri.

"Saya berharap relawan Kampung Siaga Bencana diberikan pelatihan serta simulasi yang berkelanjutan dalam menghadapi bencana dan pasca bencana, serta bisa memberikan sosialisasi pemahaman tentang bencana alam kepada masyarakat," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wachid juga berharap agar wilayah Kabupaten Jepara yang mempunyai kerawanan bencana banjir juga diwilayah selatan Jepara semestinya juga ada Kampung Siaga Bencana diwilayah tersebut.

"Perlu dibentuk Kampung Siaga Bencana di selatan Jepara," harapnya.

Selain menggelar acara sosialisasi, Wachid juga memberikan sejumlah bantuan yang diberikan ke sejumlah desa.

"Untuk Desa Kunir sebagai Kampung Siaga Bencana kami berikan bantuan sebesar Rp. 80 juta untuk pembentukan relawan Kampung Siaga Bencana dan Rp 129 juta untuk lumbung logistik siaga bencana," ungkapnya.

Diketahui, Kapoksi Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid bersama Kementerian Sosial RI menggelar acara Sosialisasi Pembentukan Kampung Siaga Bencana, sekaligus simulasi SOP Penanggulangan bencana dalam rangka pembentukan kampung siaga bencana desa Kunir kecamatan Keling kabupaten Jepara.

Turut hadir dalam acara tersebut Edhy Suwarna Peksos Ahli Madya Kementerian sos RI, Gatut Rudi Ruliyanto Dinsos Propinsi Jawa Tengah, Edy Supriyanta Pj Bupati Jepara, Letkol M Husnur Rofiq Dandim Jepara, AKBP Warsono SH,SiK, MH Kapolres Jepara (diwakili), OPD terkait, PMI kab Jepara, Camat dan Forkopincam, Pemdes Kunir, Petinggi wilayah Kec Keling serta 60 Relawan KSB Kutacana Desa Kunir.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dirgahayu Indonesia 17 Agustus 1945 - 2022
advertisement
Ir.H. Achmad Hafisz Tohir - HUT RI ke 77
advertisement
Selamat HUT RI ke77 - Ahmad Najib
advertisement
Selamat HUT RI ke 77-Mohamad Hekal
advertisement
Selamat HUT RI ke77 - Ahmad Najib
advertisement