Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 05 Jun 2023 - 11:55:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Enam Tuntutan Aksi Demo di Gedung MK

tscom_news_photo_1685940908.jpg
Aksi Demo Gedung MK (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, aksi demo di gedung MK dan Istana Negara memiliki enam tuntutan. Kemudian, dua tuntutan diantaranya terkait parliamentary threshold 4 persen dan presidential threshold 20 persen di Pemilu 2024.

Ia mengaku, unjuk rasa tersebut dilakukan saat sidang kedua uji formil Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja di MK. Terlebih, Partai Buruh menjadi satu-satunya parpol yang melakukan judicial review terkait UU Cipta Kerja.

"Adapun tuntutan pertama, cabut Omnibus Law UU Cipta Kerja, kedua, tolak RUU Kesehatan. Ketiga, sahkan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga, keempat, cabut Permenaker No 5 Tahun 2023," kata Said saat dikonfirmasi wartawan, Senin (5/6/2023).

Selain empat tuntutan tersebut, Ketum Partai Buruh ini menegaskan, pihaknya juga menyuarakan dua isu politik. Yaitu revisi parliamentary threshold 4 persen dan mencabut presidential threshold 20 persen.

"Suara sah nasional harus juga dimaknai 4 persen dari jumlah kursi DPR RI, dan cabut presidential threshold 20 persen. Aksi 5 Juni juga akan dilakukan secara bergelombang terus-menerus di berbagai daerah," ucap Said.

Kemudian, Said membeberkan, aksi demo buruh yang dilakukan di banyak daerah. Seperti Banten, Bandung, Semarang, hingga Jawa Timur.

"Total buruh yang mengikuti aksi lebih dari 75.000 orang di seluruh Indonesia. Banten pada 6 Juni, di Gedung Sate Bandung 7 Juni, di Semarang 9 Juni, Jawa Timur 14 Juni," ujar Said.

Sebanyak 2.000 buruh diprediksi menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Senin (5/6/2023). Ribuan buruh itu berasal dari Jakarta, Bekasi Bogor, hingga Depok.

Ribuan buruh itu berkumpul di depan Balai Kota DKI Jakarta, pukul 10.30 WIB. Jika sudah siap, massa demo longmarch ke MK dan Istana Negara.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...