Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 29 Nov 2023 - 13:38:47 WIB
Bagikan Berita ini :

Yandri Susanto: Madrasah Diniyah Insya Allah Masuk RPJPN 2025-2045

tscom_news_photo_1701239927.jpg
Yandri Susanto (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR RI H Yandri Susanto S.Pt menyatakan bahwa Madrasah Diniyah Takmiliyah Insya Allah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.

Sebagai lembaga pendidikan non formal yang memberikan ilmu pengetahuan agama islam serta pembentukan karakter dan moral, eksistensi pendidikan diniyah harus dipertahankan sehingga dapat berkelanjutan memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Dalam rangka pembangunan karakter dan moral bangsa, penting untuk mencantumkan madrasah diniyah takmiliyah dalam RPJPN 2025-2045. Sehingga eksistensi pendidikan diniyah dapat terus berkelanjutan di Indonesia," ujar Yandri Susanto

Demikian disampaikan Wakil Ketua MPR RI H Yandri Susanto S.Pt seusai melakukan pertemuan konsultasi dengan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di Menara Bappenas Rasuna Said Kuningan Jakarta, Selasa 28 November 2023.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Deputi Bidang Ekonomi Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti, Sekretaris Pimpinan MPR Budi Muliawan, perwakilan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) dan Perwakilan Forum Komunikasi Pendidikan Qur"an (FKPQ).

Yandri menjelaskan bahwa madrasah diniyah akan dicantumkan dalam bab 4.1.2 tentang pendidikan berkualitas yang merata. Dimana untuk mencapai sasaran pembangunan 2045 kebijakan pendidikan diarahkan pada pendidikan yang inklusif dan adaptif serta peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan dengan tuntutan global berbasis prinsip pendidikan sepanjang hayat mencakup beberapa hal. Diantaranya di point ke (vii) pendididikan agama dan keagamaan.

"Di dalam penjelasan frasa pendidikan agama dan keagamaan akan dicantumkan madrasah diniyah takmiliyah dalam Draf RPJPN 2025-2045," jelas Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto.

Yandri juga menjelaskan bahwa pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan konsultasi sebelumnya yang dilakukan di MPR pada tanggal 12 September 2023. Dimana pada saat itu Yandri mengusulkan agar pendidikan diniyah masuk dalam RPJPN 2025-2045.

"Pertemuan berlangsung hangat dan direspon sangat baik oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas. Sehingga masukan yang diberikan diterima dan diakomodir oleh Bappenas sebagai bagian dari rumusan final Draf RPJPN 2025-2045," tutup Yandri.

tag: #yandri-susanto  #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement