Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 20 Feb 2024 - 18:56:41 WIB
Bagikan Berita ini :

Fadel Muhammad Apresiasi Kinerja MA Dalam Penegakkan Hukum Di Indonesia

tscom_news_photo_1708430201.jpg
Fadel Muhammad (Sumber foto : MPR)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad mengapresiasi kinerja Mahkamah Agung (MA) di bawah kepemimpinan Ketua MA Prof. Dr. Syarifuddin, SH, MH dalam penegakkan hukum di Indonesia.

Parameter kinerja yang diapresiasi Fadel Muhammad antara lain, penyelesaian kasus lebih cepat, lebih terbuka dan transparan. “Itulah yang saya apresiasi. Ke depan, saya mengharapkan kinerja MA jauh lebih baik dan lebih berkualitas dari semua sisi,” ujarnya.

Hal tersebut disampaikan Pimpinan MPR dari Kelompok DPD RI ini, usai menghadiri Sidang Pleno Istimewa Mahkamah Agung (MA) dengan agenda penyampaian Laporan Tahunan MA Tahun 2023, di ruang Plennary Hall Jakarta Convention Centre, Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Sidang Pleno Istimewa yang mengusung tema ‘Integritas Kuat Peradilan Bermartabat’ ini, dihadiri Presiden RI Joko Widodo, Ketua MA Prof. Dr. Syarifuddin, SH, MH, Wakil Ketua MA Bidang Yudisial, para Ketua Kamar MA, Hakim Agung, Hakim Adhoc, para Ketua Mahkamah Agung dari Malaysia, Singapura, Kuwait, Wakil Ketua MA Qatar, Delegasi Sudan, Australia, China dan Rusia.

Turut hadir para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, Pimpinan dan anggota lembaga negara, Plt Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah, SE, MM, para duta besar negara sahabat, para purnabakti pimpinan MA dan para Ketua Pengadilan Tingkat Banding, Ketua Pengadilan Tingkat Pertama, dan undangan lainnya.

Lebih jauh, Fadel Muhammad mengungkapkan, satu hal yang sangat luarbiasa dari kinerja MA yang didengarnya dari penjelasan Ketua MA di Sidang Pleno Istimewa tersebut, yakni MA menjadi pelopor dalam penerapan sistem berbasis IT dan digital.

Di antaranya, MA menerapkan Sistem Peradilan Pidana Terpadu berbasis Teknologi Informasi (SPPT-TI) yang dibangun Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan melalui aplikasi elektronik Berkas Pidana Terpadu (e-BERPADU) yang dikembangkan sumber daya manusia Indonesia di MA.

“Sekali lagi sebagai Pimpinan MPR, saya berharap agar MA menjaga kualitas kinerjanya yang sudah dibangun saat ini, agar Indonesia sebagai negara demokrasi yang menjunjung tinggi hukum yang berkeadilan bukan hanya retorika semata tapi benar-benar terjadi,” tandasnya.

Usai menghadiri Sidang Pleno Istimewa MA, didampingi Plt Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah, SE, MM, Fadel Muhammad meninjau booth MPR RI, di acara Pameran Kampung Hukum Mahkamah Agung. Kepada mantan Gubernur Gorontalo dua periode itu, Siti Fauziah menjelaskan bahwa partisipasi MPR dalam pameran Kampung Hukum MA untuk memperkenalkan kelembagaan MPR, serta program dan kegiatan-kegiatan MPR.

tag: #mpr  #fadel-muhammad  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TB Hasanuddin Mengecam Bentrokan Brimob dan Marinir di Sorong Papua

Oleh Sahlan Ake
pada hari Minggu, 14 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin mengecam insiden bentrokan antara prajurit TNI dengan anggota polisi Brigade Mobil (Brimob) di Kota Sorong, Papua ...
Berita

TB Hasanuddin: Perubahan KKB Jadi OPM Lebih Realistis, Tapi Seluruh Lembaga Negara Harus Sepakat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin mengungkapkan  penyebutan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menjadi Organisasi Papua Merdeka (OPM) memiliki ...