Oleh Fath pada hari Selasa, 22 Okt 2024 - 11:18:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Mukhtarudin Sebut Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Bisa Jadi Solusi Membangun Desa Terpencil

tscom_news_photo_1729570734.jpg
Mukhtarudin Anggota komisi VII DPR RI dari fraksi partai Golkar (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Sekretaris Fraksi Golkar DPR RI Mukhtarudin mendorong pembangunan energi berbasis komunitas yakni dengan memanfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) sebagai sumber energi bersih bagi desa-desa terpencil di Indonesia.

"Ya. Tentu DPR RI mendorong pengembangan pembangkit listrik skala kecil yang bisa dimiliki dan dioperasikan oleh komunitas lokal, seperti pembangkit listrik tenaga mikrohidro atau tenaga surya di desa-desa terpencil," tandas Mukhtarudin, Selasa 22 Oktober 2024.

Mengingat, politisi Dapil Kalimantan Tengah ini bilang desentralisasi pembangkitan tenaga listrik (distributed generation) diperkirakan akan menjadi tren di masa yang akan datang.

Hal ini terjadi dikarenakan saat ini, kata Mukhtarudin perkembangan teknologi yang semakin pesat dan dikombinasikan dengan semakin terbukanya peluang peran serta di sektor energi terbarukan (EBT).

Selain itu, menurut Mukhtarudin di masa depan juga konsumen yang sebelumnya hanya mengonsumsi listrik dapat berperan sebagai produsen listrik pada saat yang bersamaan atau sebagai prosumer.

"Artinya, pengembangan tenaga mikrohidro atau tenaga surya oleh komunitas lokal tersebut penting, mengingat dinamika dunia yang tengah memasuki revolusi industri tahap 4.0" ungkap Mukhtarudin.

Anggota DPR RI Periode 2024-2029 ini mendukung penuh Presiden Prabowo Subianto yang menegaskan bahwa Indonesia ke depannya akan mewujudkan kemandirian energi di tanah air.

Untuk itu, Mukhtarudin berharap pemerintahan kabinet Merah-Putih era Presiden Prabowo Subianto dapat mengimplementasikan teknologi digital dalam sistem ketenagalistrikannya.

"Hal ini dimaksudkan agar tenaga listrik yang dihasilkan dapat andal, efisien, aman, dan ramah lingkungan serta kompetitif sehingga tarif listrik kepada masyarakat dapat terjangkau," pungkas Mukhtarudin.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
BANK DKI JACKONE
advertisement
We Stand For Palestinian
advertisement
HUT RI 79 - SOKSI
advertisement
HUT RI 79 - ADIES KADIR
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement