Berita
Oleh pamudji pada hari Jumat, 28 Okt 2016 - 08:45:05 WIB
Bagikan Berita ini :

28 Oktober, 88 Tahun Lalu

39sumpahpemuda.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Hari ini, Jumat (28/10/2016)Bangsa Indonesia kembali memperingati Hari Sumpah Pemuda. Hari ini, semangat kebangsaan dalam Kongres Pemuda, di Jakarta, 88 tahun lalu, kembali membuncah.

Sumpah Pemuda merupakan keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Jika ditarik mundur, kongres bersejarah itu terjadi 88 tahun lalu.

Keputusan tersebut menegaskan cita-cita akan adanya "Tanah Air Indonesia", "Bangsa Indonesia", dan "Bahasa Indonesia". Keputusan ini juga diharapkan menjadi azas bagi setiap perkumpulan kebangsaan Indonesia dan agar disiarkan dalam segala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan.

Seperti dikutip dari wikipedia, istilah "Sumpah Pemuda" sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya.

Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda. Penulisan menggunakan ejaan van Ophuysen.

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Rumusan Kongres Sumpah Pemuda ditulis oleh Moehammad Yamin di secarik kertas yang disodorkan kepada Soegondo ketika Mr. Sunario tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sat menyodorkan kertas, Yamin berbisik kepada Soegondo: Ik heb een eleganter formulering voor de resolutie (saya mempunyai suatu formulasi yang lebih elegan untuk keputusan kongres ini).

Setelah membaca, Soegondo membubuhi paraf setuju di kertas tersebut, kemudian diteruskan kepada yang lain untuk paraf setuju juga.

Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin.(plt)

tag: #kongres-pemuda-ii  #sumpah-pemuda  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement