Oleh Givary Apriman pada hari Selasa, 21 Apr 2020 - 19:45:04 WIB
Bagikan Berita ini :

Hadapi Corona, DPR Sarankan Realokasi APBN 2020 Dialokasikan Juga Untuk Riset Perguruan Tinggi

tscom_news_photo_1587471090.JPG
Abdul Fikri Faqih (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih mengatakan sebaiknya realokasi APBN 2020 perlu perhatikan juga sektor riset perguruan tinggi untuk penanganan Pandemi corona.

“Anggaran besar penanganan pandemi sebesar Rp. 405,1 T harusnya juga untuk riset, negara yang kuat di dunia saat ini adalah yang mampu memberi solusi hadapi infeksi Covid-19,” kata Fikri melalui pesan singkatnya, Selasa (21/04/2020).

Fikri menilai kebijakan penggelontoran dana sebesar Rp. 405,1 T semestinya juga memperhatikan tren kebijakan ekonomi dunia.

“Perhatikan apa yang tengah dilakukan negara-negara besar seperti China dan Amerika, mereka sedang memulai perlombaan obat dan vaksin, dasarnya tentu dari riset,” imbuhnya.

Politisi PKS ini mendesak perhatian lebih untuk riset bagi pendidikan tinggi, terutama terkait pencegahan infeksi dan penanganan virus corona.

"Jangan-jangan sudah ada peneliti kita di perguruan tinggi yang sudah menemukan obat dan vaksin, namun tidak terekspos karena minim dukungan anggaran dan perhatian,” ujarnya.

Politisi Asal Tegal ini juga mengkritik kebijakan pemerintah dalam pengambilan keputusan di tingkat pusat terkait penangangan corona yang terkesan tidak berdasar riset ilmiah.

“Misalnya keputusan untuk membeli obat klorokuin dan avigan sebanyak jutaan butir,” tambahnya.

Menurut Fikri kedua obat itu masih menjadi pro-kontra di kalangan peneliti kedokteran di tanah air, karena efek samping yang bisa ditimbulkannya, daripada efektifitas penyembuhan.

"Ini menunjukkan tidak ada penasihat istana yang terkoneksi dengan dunia riset kedokteran kita,” pungkasnya.

tag: #dpr  #corona  #riset-perguruan-tinggi  #apbn  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Arus Balik Lebaran, KAI Catat 47 Ribu Orang Masuk Jakarta

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 15 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah penumpang yang masuk Jakarta pada arus balik Lebaran hari ini, Senin (15/4/2024), mencapai 47.613 orang. Angka ini meningkat ...
Berita

Telkom Berkomitmen Bantu Masyarakat Hadapi Era Ekonomi Digital

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) selaku salah satu perusahaan digital telco terbesar di Indonesia, berkomitmen untuk turut serta membantu masyarakat dalam ...