Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 28 Jul 2020 - 07:32:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Irwan Pastikan Akan Terus Kawal Program Bantuan Renovasi Rumah Tak Layak Huni di Kaltim

tscom_news_photo_1595896334.jpg
Irwan saat berkunjung di Kutai Timur (Sumber foto : Dokumen Irwan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi V DPR RI Irwan akan terus mengawal program program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) khususnya diwilayah Kalimantan Timur.

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan memastikan pelaksanaan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19.

Kementerian PUPR dalam akun instagram resmi menyampaikan, tahun ini program BSPS ditargetkan mampu mencapai lebih dari 137 ribu unit rumah di seluruh Indonesia. Adapun anggaran untuk pelaksanaan Program BSPS tersebut totalnya sekitar Rp2,49 triliun.

Dari jumlah kuota nasional, Kaltim pada tahun ini menerima kuota 3.000 unit dengan tambahan 700 unit dari Satker Kementerian PU. Hal ini diungkapkan oleh anggota Komisi V DPR RI, Irwan saat melakukan reses di Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

"Backlog perumahan di Kutim masih cukup tinggi yaitu 150 ribu yang masih belum punya rumah, itu juga di luar dari pemilik rumah yang tidak layak huni," ujar Irwan.

Dia pun menginginkan program ini terus berjalan setiap tahunnya. Irwan akan mengawal keberlanjutan program tersebut di Senayan, mengigat Kementerian PUPR juga menjadi mitra Komisi V.

"Apalagi saya di komisi V DPR RI, tentu saya bisa mendorong mitra saya Kementerian PUPR untuk menambah kuota di Kaltim. Dari progres yang ada ini cukup terlihat lebih baik, dari yang sebelumnya kurang layak. Sehingga manfaatnya bisa langsung dinikmati oleh masyarakat penerima bantuan," terang Irwan.

Yayuk Kristina Wati, menjadi salah satu penerima bantuan ini. Warga Kecamatan Sangatta Utara, yang juga orang tua tunggal ini mengaku sangat bersyukur rumah tempat dia dan anaknya tinggal dapat direnovasi.

Wanita yang kesehariannya berdagang donat ini bercerita, dahulu bagian dinding rumahnya hanya dilapisi papan tipis di bagian dalam. Sementara pada bagian dinding luar rumah dibiarkan terbuka. Akibatnya saat hujan air pun merembes ke bagian dalam rumah. Tidak jarang sampai membasahi tempat tidurnya.

"Dulu kalau belum ada dinding, biasanya air hujan itu masuk ke dalam rumah, jadi kadang kasur dan bantal itu basah. Jadi kami tidur itu kena air hujan," ujar Yayuk dengan mata berkaca-kaca.

Namun ia bersyukur dengan adanya program renovasi ini, dirinya tidak perlu lagi khawatir tidur saat hujan turun malam hari.

"Allhamdulillah sekarang sudah tidak kehujanan, sudah enak tidur kalau malam engga takut kena air lagi masuk ke dalam rumah," ungkapnya.

Sementara itu Nursal, Kepala Balai Penyediaan Perumahaan Kalimantan II mengatakan, khusus Kutim menerima kuota 450 unit renovasi rumah tahun ini dengan total anggaran Rp7,8 miliar. Per rumah akan sama rata menerima Rp 17,5 juta, untuk keperluan renovasi.

"Sangatta Utara 300 unit dan Kecamatan Kaubun 150 unit," terang Nursal.

Dia menjelaskan bahwa pengajuan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) bisa dari beberapa usulan. "Pertama diskresi DPR, Presiden, usulan dari pemerintah kabupaten/kota maupun provinsi. Usulan itu nanti akan dihimpun di pemerintah pusat, dan dihitung alokasinya untuk setiap provinsi baru, kemudian dibagi per kabupaten/kota," terangnya.

Di kutim masih ada 8.500 rumah yang kondisinya tidak layak huni. Namun karena kondisi keuangan pemerintah tidak mencukupi, sehingga diterapkan skala prioritas. Oleh karena itu, dirinya berharap dengan adanya wakil Kaltim di pusat, dapat berdampak positif pada penambahan jumlah kuota yang diterima oleh Kaltim ke depannya.

tag: #irwan  #kaltim  #partai-demokrat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...