Oleh Givary Apriman pada hari Jumat, 14 Agu 2020 - 09:59:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Dalam Pidato Sidang Tahunan MPR, Bamsoet Sampaikan Pentingnya Pemulihan Ekonomi Nasional

tscom_news_photo_1597374403.jpg
Ketua MPR Bambang Soesatyo bersama presiden Joko Widodo di sidang tahunan MPR RI 2020 (Sumber foto : Teropong Senayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bertempat di Ruang Sidang Paripurna, Gedung Nusantara, Komplek Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, 14 Agustus 2020, MPR menggelar ‘Sidang Tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan Presiden Dalam Rangka HUT Kemerdekaan ke-75 Dalam Sidang Bersama DPR -DPD’.

Pada sidang tahunan MPR tersebut, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan kalau pandemi corona semakin membuat dunia terseret dalam jurang resesi terburuk di luar periode perang dalam 100 tahun.

"Dampak ekonomi akibat virus corona sangat buruk sekali. Pemulihannya akan lambat dan krisis akan memiliki dampak yang bertahan lama, secara tidak proporsional mempengaruhi golongan masyarakat yang
paling rentan," kata Bamsoet melalui pidatonya dalam sidang tahunan MPR RI, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (14/08/2020).

Untuk itu, Bamsoet menuturkan kalau negara sangat perlu untuk segera melakukan pemulihan ekonomi nasional agar perlahan dapat bangkit dari dampak pandemi corona.

Pasalnya, bila tidak segera diatasi akan menyebabkan sebuah efek domino resesi yang akan menyebar ke berbagai sektor di masyarakat.

"Mulai dari macetnya kredit perbankan hingga lonjakan inflasi yang sulit dikendalikan atau
sebaliknya deflasi yang tajam karena perekonomian tidak bergerak," tuturnya.

Bamsoet juga menyatakan sektor lain seperti neraca perdagangan akan menjadi minus
dan berimbas langsung pada cadangan devisa.

Dalam skala riilnya, beber Bamsoet dampak resesi terhadap sebuah negara adalah meningkatnya pengangguran, anjloknya pendapatan.

"Oleh karena itu saatnya kita bergotong royong terus mendukung kebijakan pemerintah yang telah melakukan langkah konkrit mendorong peningkatkan ekonomi sektor riil seperti memberikan kemudahan permodalan bagi pelaku usaha baik kecil maupun besar," bebernya.

Politisi Golkar tersebut juga mendorong pemerintah untuk mempersiapkan sejumlah langkah dan strategi untuk mencegah terjadinya efek domino akibat Covid-19.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap bersabar dan menghadapi pandemi corona secara bersama dengan landasan gotong royong.

"Dalam menghadapi Pandemi Covid-19 dan tetap optimis bahwa keadaan akan membaik," pungkasnya.

tag: #mpr  #bamsoet  #bambang-soesatyo  #dpr  #dpd  #corona  #pemulihan-ekonomi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ketua Umum IMI Bamsoet Dukung Gelaran Pecah VW 2024 Dapatkan Rekor MURI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mematangkan persiapan acara pemecahan Rekor MURI, ...
Berita

SOKSI Optimis MK Tak Lampaui Wewenangnya: Prabowo-Gibran Presiden dan Wapres Terpilih

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menjelang putusan MK tentang sengketa Pilpres 2024 pada 22 April 2024 mendatang, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI. Ir. Ali Wongso Sinaga menyatakan optimis amar ...