Oleh Alfin Pulungan pada hari Sabtu, 03 Okt 2020 - 16:04:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Guspardi: Slogan PAN adalah Amien Rais Sudah Tak Berlaku Sejak Deklarasi Partai Ummat

tscom_news_photo_1601715857.jpeg
Politikus Partai Amanat Nasional, Guspardi Gaus (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Politikus Partai Amanat Nasinal (PAN) Guspardi Gaus angkat bicara mengenai pemberitaan deklarasi Partai Ummat oleh Amien Rais yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum PAN.

"Sebagai kader partai, saya menilai mendirikan partai adalah hak politik setiap anak bangsa yang dijamin oleh konstitusi. Pendirian partai baru ini bagi Amien Rais tentu akan berimplikasi kepada figur beliau sendiri sebagai tokoh reformasi yang menggagas dan mendirikan PAN," kata Guspardi dalam keterangan tertulis, Sabtu, 3 Oktober 2020.

Guspardi menjelaskan, dengan berdirinya Partai Ummat, Amien Rais dengan sendirinya telah meninggalkan tujuan awal saat mendirikan partai belambang matahari terbit itu, yakni membawa PAN sebagai pelopor reformasi dan barisan terdepan penjaga kedaulatan bangsa

"Tentu belum tuntas sampai ke titik puncak. Sekarang malah mendirikan partai baru. Apalagi eksistensi dan figur Pak Amien itu sangat melekat dengan PAN sehingga ada slogan" Amien Rais adalah PAN dan PAN adalah Amien Rais," ujar Anggota Komisi II DPR ini.

Sekarang, tegas Guspardi, slogan itu sudah berlalu dan tidak ada lagi. Ia berujar Amien adalah PAN dan PAN adalah Amien itu sudah tidak berlaku lagi.

Kendati begitu, menurut Guspardi, kinerja para kader PAN saat ini tidak akan terganggu atas terbentuknya Partai Ummat karena keduanya memiliki basis suara yang berbeda.

Dalam pengamatan Guspardi, Partai Ummat bentukan Amien lebih menyasar pemilih berbasis agamis, sementara PAN jelas menyasar pemilih dari kalangan nasionalis.

"Antara partai Amien Rais dan PAN itu berbeda. Kami dari PAN, segmennya berbeda dengan konstituen Partai Ummat. Intinya, PAN siap berlomba berfastabiqul khairat /mencari kebaikan," kata tokoh Muhammadiyah asal Sumatera Barat ini.

Secara pribadi, Guspardi menghargai sikap Amien yang mendirikan partai baru setelah keluar dari PAN. Setiap warga negara Indonesia berhak berserikat karena dijamin oleh undang-undang.

"Siapa pun bisa mendirikan partai. Itu adalah hak politik dan bahagian dari demokrasi. Kami menghargai Pak Amien mendirikan partai dan mengucapkan selamat atas berdirinya Partai Ummat ini," kata Guspardi.

tag: #amien-rais  #partai-ummat  #pan  #guspardi-gaus  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...