Oleh Sahlan Ake pada hari Minggu, 24 Jan 2021 - 00:27:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Peringatan BMKG Bencana Akhir Januari

tscom_news_photo_1611422821.jpg
BMKG (Sumber foto : Ilustrasi)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengigatkan, beberapa daerah berpotensi dilanda banjir pada akhir Januari 2021.

Pasalnya, Januari dan Februari 2021 akan memasuki puncak musim hujan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengungkap, sejumlah provinsi dan perairan Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat dan cuaca ekstrem selama 3 hari pada 23-26 Januari.

Hal ini berpotensi menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi.

"Hujan ekstrem tersebut sangat berpotensi menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor yang dapat membahayakan bagi publik, serta hujan lebat disertai kilat/petir dan gelombang tinggi yang membahayakan pelayaran dan penerbangan," kata Guswanto dalam konferensi pers secara daring yang disiarkan di akun Youtube BKMG, Sabtu (23/1/2021).

Dia menyebut daerah yang diprediksi berpotensi banjir kategori menengah pada Dasarian III (sepuluh hari ke-3) di bulan Januari 2021.

Daerah itu di antaranya, Banten bagian selatan, Jawa Barat bagian tengah dan timur, sebagian besar Jawa Tengah dan Yogyakarta, Jawa Timur bagian tengah dan timur, Bali bagian utara, Nusa Tenggara Barat bagian utara, sebagian kecil Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah bagian tenggara, Sulawesi Selatan bagian selatan, Sulawesi Tenggara bagian utara, Maluku Utara dan Papua Barat wilayah Kepala Burung dan Provinsi Papua bagian tengah.

"Informasi potensi banjir kategori menengah hingga tinggi untuk 10 hari ke depan ini sebagai upaya mitigasi agar menjadi perhatian dan kewaspadaan bagi masyarakat terhadap potensi bencana banjir, longsor, dan banjir bandang," kata Deputi bidang Klimatologi BMKG, Herizal.

tag: #bmkg  #cuaca  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
Dompetdhuafa X TS : Qurban
advertisement