Oleh Sahlan Ake pada hari Minggu, 06 Jun 2021 - 06:35:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Cianjur Diguncang Gempa, Ini Penjelasan BMKG

tscom_news_photo_1622936153.jpg
Gempa (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 3 mengguncang wilayah Cianjur, Jawa Barat sekitar pukul 21.52 WIB, Sabtu (5/6/2021).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat titik gempa berada di darat 3 km Tenggara Kabupaten Cianjur. Kedalaman gempa sebesar 10 KM.

Menurut analisis BMKG, episenter gempa tektonik ini terletak pada koordinat 6.84 LS dan 107.16 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada kedalaman 10 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi Dangkal akibat aktivitas Sesar Cimandiri," tulis keterangan resmi BMKG pada Sabtu, (5/6).

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cianjur dengan Skala Intensitas II - III MMI Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

tag: #gempa-bumi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TB Hasanuddin Mengecam Bentrokan Brimob dan Marinir di Sorong Papua

Oleh Sahlan Ake
pada hari Minggu, 14 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin mengecam insiden bentrokan antara prajurit TNI dengan anggota polisi Brigade Mobil (Brimob) di Kota Sorong, Papua ...
Berita

TB Hasanuddin: Perubahan KKB Jadi OPM Lebih Realistis, Tapi Seluruh Lembaga Negara Harus Sepakat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin mengungkapkan  penyebutan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menjadi Organisasi Papua Merdeka (OPM) memiliki ...