Oleh Rihad pada hari Selasa, 14 Sep 2021 - 14:40:23 WIB
Bagikan Berita ini :

Sebanyak 5.000 SPBU Akan Dipasang Tenaga Surya, Ini Tujuannya

tscom_news_photo_1631605223.jpeg
Pemasangan panel surya di SPBU (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pertamina menargetkan pemasangan PLTS di 5.000 SPBU dalam beberapa waktu mendatang. CRa ini akan menghemat biaya tagihan listrik hingga Rp 4 miliar.

Green Energy Station (GES), konsep baru SPBU Pertamina, menyediakan layanan secara terintegrasi dan lebih ramah lingkungan kepada konsumen. Salah satu dengan menggunakan tenaga surya untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Chief Executive Officer Pertamina NRE Dannif Danusaputro mengatakan, Pertamina mendukung upaya pencapaian net zero emission. SPBU yang selama ini hanya dikenal sebagai tempat untuk mengisi BBM menjadi lebih ramah lingkungan dengan konsep GES, di mana kebutuhan listriknya dipenuhi dengan PLTS serta menyediakan layanan untuk gaya hidup konsumen yang lebih ramah lingkungan.

"Pemasangan PLTS di 5.000 SPBU diperkirakan berpotensi menurunkan emisi sebesar 34 ribu ton CO2 per tahun,” kata Dannif dalam keterangan tertulis, Selasa (14/9).

Tidak hanya dekarbonisasi, penggunaan PLTS berpotensi memberikan keuntungan ekonomi bagi pemilik SPBU sampai dengan Rp1 juta per bulan yang berasal dari penghematan biaya tagihan listrik. Apabila sebanyak 5.000 SPBU memasang PLTS dengan kapasitas 5 KWp, maka total potensi penghematan yang dihasilkan sekitar Rp 4 miliar dalam setahun.

tag: #pt-pertamina  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
Dompetdhuafa X TS : Qurban
advertisement