Oleh Aswan pada hari Minggu, 19 Sep 2021 - 05:15:29 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Penjelasan Menpora Soal Simpang Siur Kehadiran Penonton PON XX Papua

tscom_news_photo_1632003329.jpeg
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Izin kehadiran penonton pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua masih simpang siur. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pun akhirnya angkat bicara.

Menurut Zainudin, pemerintah dan panitia penyelenggara saat ini masih mengkaji kemungkinan PON Papua dihadiri penonton di stadion. Cakupan vaksinasi di empat klaster PON, kata dia, akan menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan nanti.

“Memang sekarang sedang kami lakukan pengkajian karena syaratnya (masyarakat) harus divaksin. Arahan pak presiden, beliau meminta untuk segera digencarkan vaksinasi COVID-19 khususnya yang ada di empat klaster, itu juga akan menentukan (keputusan),” kata Zainudin dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Sabtu (18/9/2021).

“Mungkin pekan depan saat rapat kabinet akan lebih dipastikan. Kalau iya (dengan penonton) maka berapa persennya itu akan ditentukan dan tentu persyaratannya sangat ketat,” ujar dia menambahkan.

Berdasarkan keterangan Dinas Kesehatan Provinsi Papua, hingga September rata-rata cakupan vaksinasi COVID-19 dosis pertama di empat klaster PON saat ini sudah di atas angka 50 persen, sedangkan dosis kedua di atas 30 persen.

Kendati begitu, sejumlah kontingen PON saat ini telah tiba di Papua meski upacara pembukaan masih dua pekan lagi, bahkan beberapa cabang olahraga sudah menggelar test event jelang PON.

Sejumlah pertandingan bakal bergulir sebelum upacara pembukaan PON Papua pada 2 Oktober, seperti sofbol putra, polo air, bisbol, paralayang, dan wushu.

Selain itu ada juga cabang olahraga ekshibisi, seperti esport, triathlon, selancar ombak, hapkido, kick boxing, dan kabaddi.

Zainudin mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo rencananya bakal membuka langsung PON Papua pada 2 Oktober mendatang.

“Jadi saya menyampaikan tidak perlu ada kekhawatiran berlebihan karena Papua sudah siap dan PON ini bagi masyarakat Papua adalah kebanggaan dan harga diri buat mereka,” pungkas dia.

tag: #pon-xx-papua  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Annisa Pohan: Hari Kartini Mengingatkan Kesetaraan Gender Salah Satu Pilar HAM

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 30 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Srikandi Demokrat Annisa Pohan Yudhoyono menyampaikan, pentingnya memperjuangkan kesetaraan gender, sebagai salah satu pilar Hak Asasi Manusia (HAM). Hal ini ...
Berita

KPK Geledah Kantor Sekjen DPR Indra Iskandar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --KPK menggeledah Kantor Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI Indra Iskandar pada Selasa siang (30/4). Hal ini dibenarkan Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri penggeledahan ...