Oleh Aswan pada hari Minggu, 19 Sep 2021 - 05:18:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Kemendikbudristek Klaim Pendidikan D3 Sudah Tidak “Recommended”, Kenapa?

tscom_news_photo_1632003481.jpg
Dirjen Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Wikan Sakarinto (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Dirjen Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Wikan Sakarinto mengatakan, pendidikan D3 sudah tidak direkomendasikan. Menurutnya, D2 fast track akan lebih efektif dibanding D3.

"Kami mendorong untuk pendidikan di sarjana terapan, S2 terapan, dan D2 fast track. D3 sudah tidak direkomendasikan lagi dan dikuatkan D2 fast track," ujar Wikan dalam acara peresmian Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) secara online, Sabtu (18/9/2021)kemarin.

Hal tersebut merupakan salah satu program merdeka belajar yaitu link and match. Wikan menjelaskan, jika dalam pendidikan vokasi permasalahan yang dihadapi adalah komitmen dan karakter. Ini yang menjadi PR besar.

"Link and match tidak boleh dimaknai hanya tandatangan MOU saja. Kurikulum harus dibikin bersama dengan industri. Menurut saya soft skill dan karakter lebih long lasting," kata Wikan.

"Riset terapan untuk vokasi didukung dengan project based learning. Riset vokasi bermula dari kebutuhan nyata di industri atau di pasar. Sehingga butuh analisa pasar. Filosofi kedua adalah riset vokasi menghasilkan produk yang dihilirkan di pasar. Pastikan adanya komitmen serapan lulusan," ujar Wikan.

Sementara itu dengan diresmikannya MNP, Wikan berharap agar pendidikan vokasi terus berkembang. Menurut Wikan pendidikan vokasi secara proporsional vokasi memang lebih dibutuhkan karena lebih banyak do.

Tiga prodi yang didirikan MNP adalah prodi sarjana terapan D4. Ketiga prodi tersebut yaitu digital animation, e commerce logistics, dan pengelolaan konvensi dan acara.

"Potensi pertahun untuk talenta-talenta animator bisa valuenya miliaran. Kedua sarjana ecommerce itu juga merupakan bisnis yang jelas. Pasar berkembang dengan pesat. Kebutuhan sarjana terapan e-commerce pasti akan terus berkembang," kata Wikan.

"Ketiga pengelolaan konvensi dan acara, kebutuhan untuk mengorganisasikan event akan semakin bertambah. Dari cetak biru dan blueprintnya itu tidak sekadar membangun gedung saja tetapi juga dicampur dengan industri yang di dalamnya yang mirip silicon valley," lanjut Wikan.

Adapun Wikan menjelaskan dengan berdirinya MNP, akan ada kebijakan link and match untuk satuan pendidikan vokasi.

"Mohon pendidikan vokasi untuk dilakukan rebrandingnya," demikian Wikan.

tag: #kemendikbud  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...