Oleh Bachtiar pada hari Rabu, 15 Des 2021 - 15:06:29 WIB
Bagikan Berita ini :

Sebagai Agent of Development, Hekal Berharap BUMN Dapat Berkontribusi Pada Pembangunan Nasional

tscom_news_photo_1639555589.jpg
Mohammad Hekal Politikus Gerindra (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal, mendorong Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk terus mengakselerasi kinerja guna memulihkan ekonomi nasional.

Hekal optimistis, BUMN bisa semakin meningkatkannnya peran dalam membantu ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Dikatakan Hekal, sebagai badan usaha yang dimiliki oleh Pemerintah, BUMN berperan sebagai agent of value creator dan agent of development.

"Sebagai agent of value of creator, BUMN diharapkan mampu memberikan kontribusi keuntungan ke negara. Sebagai agent of development, BUMN diharapkan berkontribusi kepada pembangunan nasional termasuk dalam pemulihan ekonomi pada masa pandemi Covid-19 ini," ujar Ketua DPP Partai Gerindra itu pada sambutan “Kegiatan sosialisasi BUMN Sebagai Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional” yang disampaikan secara virtual di kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal, Rabu (15/12/2021).

Menurutnya, untuk mengatasi dampak ekonomi yang diakibatkan Covid-19, BUMN harus dilibatkan dalam program PEN yaitu menyalurkan kredit kepada UMKM dan koperasi; serta melakukan penjaminan kredit modal kerja.

Diketahui, kata dia, kredit kepada UMKM dan koperasi disalurkan melalui kredit UMi oleh PT Pegadaian, PT PNM, dan PT Bahana. Disamping UMi yang plafonnya sampai Rp10 juta, disalurkan juga Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh perbankan BUMN dengan plafon sampai Rp 500jt. Bunga KUR sangat rendah karena disubsidi Pemerintah.

“Jadi peran penting BUMN dalam rangka pemulihan ekonomi nasional ini patut kita apresiasi, ditengah pandemi covid-19 ini BUMN kita mampu memberikan kontibusi nyata kepada masyarakat, terutama bagi para pelaku usaha UMKM dan koperasi melalui penyaluran kredit dengan bunga serendah mungkin,” ucapnya.

Selain bidang ekonomi, kata dia, BUMN berperan dalam bidang kesehatan, yakni menyediakan vaksin Covid-19 yang saat ini sudah lebih dari 100 juta orang divaksin dosis lengkap, belum lagi bantuan berupa APD untuk tenaga kesehatan serta sembako dan vitamin untuk masyarakat terkena dampak pandemi.

"Salah satu bentuk TJSL nya nya adalah Pemberian APD untuk Nakes, Memberikan Sembako Gratis kepada Warga, Memberikan obat-obatan, Oksigen, multivitamin dan sebagainya,” terang politisi Partai Gerindra ini.

Sementara itu, menurut Staf Khusus Wakil ketua komisi VI Slamet Rujito, BUMN telah menunjukkan peran yang strategis dalam pembangunan infrastruktur antara lain membangun jalan tol, bandara/pelabuhan, jalur/stasiun kereta api, serta fasilitas umum lainya yang bermanfaat bagi masyarakat.

Menurutnya, keberadaan BUMN ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena mampu mempekerjakan ratusan ribu orang diseluruh kelompok usahanya dan bahkan jutaan orang diseluruh ekosistem penunjangnya.

”BUMN juga mempekerjakan ratusan ribu orang di seluruh kelompok usahanya, dan bahkan mencapai jutaan orang dengan seluruh ekosistem penunjangnya. Di masa pandemi, tentu hal itu sangat membantu masyarakat yang perekonomiannya sedang sulit,” pungkasnya.

tag: #bumn  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement