Oleh Aswan pada hari Kamis, 16 Des 2021 - 16:12:42 WIB
Bagikan Berita ini :

Kemenkes Sebut Pasien Pertama Varian Omicron Adalah Petugas Kebersihan Wisma Atlet

tscom_news_photo_1639645962.jpg
Wisma Atlet (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan pasien pertama yang terjangkit varian Omicron merupakan salah seorang petugas kebersihan di pusat karantina Wisma Atlet.

"Kemenkes tadi malam mendeteksi seorang pasien inisial N terkonfirmasi Omicron pada 15 Desember 2021. Data kita konfirmasi ke Gsaid. Ini sekuensing Omicron," kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin kepada wartawan, Kamis (16/12/2021).

Awalnya terdapat tiga pekerja pembersih di Wisma Atlet, kata Budi, yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes PCR. Kemudian tiga orang tersebut dilaporkan tidak memiliki gejala. Secara fisik sehat, tidak ada demam dan batuk. Namun dari tiga sampel yang diperiksa oleh Balitbangkes Kemenkes, satu dari tiga sampel dilaporkan tertular Omicron. Pasien tersebut berinisial N. Kemenkes telah mengambil sampel genom sekuensing N pada 8 Desember 2021 dan dikirim ke Gsaid.

"Pada 10 Desember kami terima hasilnya," singkatnya.

Budi menambahkan N beserta dua rekannya saat ini telah dinyatakan pulih dan telah kembali beraktivitas di Wisma Atlet. "Mereka bertiga sudah dites PCR kembali exit test dan hasilnya sudah negatif," katanya.

Untuk itu, Budi mengimbau masyarakat tidak khawatir dengan temuan Omicron di Indonesia. Selain itu, ia pun meminta warga taat pada protokol kesehatan (prokes), khususnya memakai masker dan menjaga jarak. "Jangan ke luar negeri kalau tidak ada urusan yang penting," katanya.

tag: #kementerian-kesehatan  #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement