Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 01 Mar 2022 - 20:44:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Bappebti Diminta Evaluasi ICDX soal Jenis Transaksi Komoditas Timah

tscom_news_photo_1646142256.jpeg
Bambang Patijaya (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pada tahun 2021 yang lalu ekonomi Babel tumbuh sebesar 5,05% yang merupakan provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di pulau Sumatera. Sektor pertimahan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian Babel selain dari sektor perkebunan sawit.

Anggota Komisi VII DPR RI Bambang Patijaya mengatakan, lewat Panja Peningkatan Pendapatan Negara juga sudah mewacanakan dengan Kementerian ESDM untuk meningkatkan tarif Royalti Timah yang hanya 3% secara progresif mengikuti fluktuasi harga timah dunia.

"Saat ini industri pertimahan Babel sedang bergairah dengan kondusifnya harga timah dunia.
Tetapi kami mendapatkan laporan dari beberapa pelaku Smelter jika mereka mendapat perlakuan tidak fair dari ICDX, yaitu Bursa Berjangka komoditi derivatif tempat mereka melakukan transaksi penjualan timah untuk eksport," kata Bambang kepada wartawan, Selasa (1/3/2022).

Diketahui, ICDX memberlakukan dua cara transaksi untuk komoditas timah dengan pungutan tarif biaya yang berbeda. Pertama adalah Block trade dengan tarif 0,12% dari harga timah terjual dan yang kedua Buletin Board dengan tarif 3%.dari harga timah terjual.

"Tidak ada alasan yang dapat di pertanggungjawabkan oleh ICDX dengan pengelompokan cara transaksi tersebut.
Bayangkan tarif tersebut sama dengan Royalti Timah 3% yang dipungut oleh negara," ucap Bambang.

Tentu, kata Politikus Partai Golkar ini Smelter-smelter yang dikelompokan ICDX pada transaksi Buletin Board dengan tarif 3% sangat berkeberatan, karena ada juga kelompok smelter yang boleh bertransaksi timah dengan Block Trade dengan tarif 0,12%.

"Dengan membeda bedakan tarif transaksi timah dan mengenakan tarif yang tinggi, ICDX telah menjalankan praktek usaha yang tidak sehat," kata ia.

Untuk itu, Bambang mempermasalahkan ini setelah mendapat penjelasan dari beberapa pelaku smelter.
Apa yang dilakukan oleh ICDX dengan mengelompokkan dan memungut tarif yang tinggi pada transaksi timah pada pelaku Smelter tertentu telah keluar dari fungsinya sebagai tempat transaksi komoditas derivatif yang sehat, fair dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) harus mengevaluasi hal ini, karena tidak ada alasan yang jelas dari ICDX atas pengelompokan transaksi pertimahan tersebut," ucapnya.

"Kami tidak mau dunia usaha sektor pertimahan menjadi terbebani dengan praktek bisnis yang tidak sehat, kami punya kewajiban untuk memperhatikan hal ini. Apa lagi nanti pembahasan untuk kenaikan Royalti timah lewat Panja Peningkatan Pendapatan Negara akan segera dikonkritkan," tandasnya.

tag: #bambang-patijaya  #pt-timah-tbk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement