Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 05 Apr 2022 - 03:45:43 WIB
Bagikan Berita ini :

Menkominfo Dorong Pelaku UMKM Tingkatkan Kualitas Produk

tscom_news_photo_1649105143.jpg
Menkoinfo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) meningkatkan kualitas produk dalam negeri agar lebih kompetitif. Hal ini sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo.

“Bapak Presiden meminta UMKM segera naik kelas dan tidak boleh hanya menjadi penonton di tengah masifnya aktivitas perdagangan digital. Kualitas produk dalam negeri harus makin ditingkatkan agar lebih kompetitif,” ujar Johnny dalam rilis pers, Senin (4/4/2022).

Hal itu disampaikannya dalam Forum Ekonomi Digital IV: Platform Digital Marketplace yang berlangsung secara hibrida dari Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Senin.

Johnny menegaskan saat ini Kementerian Kominfo tengah mendorong pelaku UMKM berjualan digital menggunakan platform lokapasar digital di Indonesia.

“Program kerja Kementerian Kominfo ada program UMKM Go Digital - active selling dan UMKM Go Digital - scale up industri 4.0,” kata dia.

Pada 2021, Kementerian Kominfo telah melakukan fasilitasi dan pendampingan bagi 26 ribu pelaku UMKM mengenai penjualan digital di daerah destinasi wisata prioritas.

Untuk 2022, ditargetkan sebanyak 30 ribu UMKM mendapat fasilitasi dan pendampingan teknologi 4.0, dari yang sederhana seperti pemanfaatan QR code hingga tahap paling lanjut yaitu pemanfaatan aplikasi aggregator penjualan digital.

Menurut Johnny, pelaku UMKM juga dilatih menggunakan aplikasi lokapasar dan perencanaan serta pemantauan aktivitas bisnis dengan menggunakan aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP).

“Sehingga pelaku UMKM bisa memantau penjualan pada berbagai marketplace. Aplikasi ERP mini yang memungkinkan UMKM dapat memantau jumlah persediaan bahan baku dan barang jadi serta menyusun laporan keuangan. Hingga aplikasi Augmented Reality/Virtual Reality (AR/VR) untuk visualisasi produk yang dijual,” ujarnya.

tag: #kemenkominfo  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Produksi Minyak Nasional Terus Turun, Komisi VII DPR Minta Evaluasi menyeluruh SKK Migas

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin menilai kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto kinerjanya tidak ...
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...