Oleh Bachtiar pada hari Rabu, 26 Okt 2022 - 22:01:55 WIB
Bagikan Berita ini :

Majukan Perekonomian Bangsa, DPP Pemuda Tani Indonesia Buat Pusat Pelatihan dan Bisnis Lobster di Kendari

tscom_news_photo_1666796515.jpg
Jajaran pengurus DPP Pemuda Tani Indonesia (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ketua Umum DPP Pemuda Tani Indonesia yang juga Pimpinan Komisi IV DPR RI Budisatrio Djiwandono meyakini, Indonesia mampu membudidayakan lobster.

Pasalnya, Budi menambahkan, potensi benih lobster Indonesia merupakan yang terbesar di dunia. Bahkan jelas Budi, hamparan laut Indonesia merupakan habitat alami lobster dan dengan demikian sangat cocok ketika lobster dibudidayakan diperairan Indonesia.

"Meski demikian masih terdapat pro dan kontra tentang budidaya lobster sehingga sering muncul pendapat bahwa Indonesia tidak mampu untuk membudidayakan lobster," ujar Budi, Rabu (26/10/2022).

Sebelumnya, Pemuda Tani Indonesia membuat Pusat Pelatihan dan Bisnis Lobster di sekitar Pelabuhan Perikanan Kendari Sulawesi Tenggara dan diresmikan Selasa, 25 Oktober 2022.

Sementara itu, Wakil Sekjen Bidang Usaha Kelautan dan Perikanan DPP Pemuda Tani Indonesia, Prasetya Adhi Patria mengatakan, pihaknya membuat pusat pelatihan bisnis lobster sebagai wujud atau ikhtiar memajukan perekonomian bangsa.

"Program ini merupakan sumbangsih nyata dan kongkrit DPP Pemuda Tani Indonesia untuk melakukan hal baru di Indonesia dengan melaunching Pusat Pelatihan dan Bisnis Lobster," kata Patria.

Patria menambahkan, nantinya lobster akan dibudidayakan dengan metode keramba jaring tenggelam.

"Sehingga lobster ini seperti hidup di habitatnya, bukan keramba jaring apung," ujar Prasetya

Diketahui, dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga mendapatkan respon positif dari Mahasiswa Perikanan dari Universitas Halu Oleo dan Universitas Muhammadiyah Kendari yang turut hadir dalam kegiatan ini.

"Kami berharap Mahasiswa Perikanan dari Universitas Halu Oleo dan Universitas Muhammadiyah Kendari juga dapat aktif belajar di tempat ini. Selaras dengan arahan Ketua Umum kami Mas Budi agar Pemuda bisa memaksimalkan segala potensi di daerahnya," terang Prasetya.

Senada dengan Prasetya, Sekretaris Jenderal DPP Pemuda Tani Indonesia, Suroyo menayatakan bahwa Pusat Pelatihan dan Bisnis Lobster akan menjadi wadah belajar dan wadah bisnis dari mulai budidaya lobster hingga pemasaran lobster.

"Sulawesi Tenggara memiliki potensi yang luar biasa dalam pengembangan lobster. Semoga ke depan Indonesia dapat menjadi penghasil lobster terbesar di dunia. Bukan hanya penghasil benih lobster namun penghasil lobster karena Indonesia sudah mampu membudidayakan lobster dan hasilnya sangat baik,” ujar Suroyo dengan penuh semangat.

tag: #lobster  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...