Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 01 Des 2022 - 18:01:04 WIB
Bagikan Berita ini :

TB Hasanuddin Pastikan Uji Kelayakan Calon Panglima TNI Dilaksanakan Besok

tscom_news_photo_1669892464.jpg
TB Hasanuddin (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin memastikan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan digelar Jumat (2/12).

Agenda fit and proper test tersebut dimulai pukul 10.00 WIB di Ruang Rapat Komisi I Gedung Parlemen Senayan Jakarta.

"Komisi I baru saja selesai melaksanakan rapat persiapan fit and proper test calon Panglima TNI yang akan dilaksanakan besok, Jumat 2 Desember jam 10 pagi," kata Hasanuddin kepada awak media, Kamis (1/12) sore.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, uji kelayakan dan kepatutan dimulai dengan melakukan verifikasi data calon Panglima TNI oleh pimpinan Komisi dan perwakilan dari Fraksi.

Urutannya,imbuh Hasanuddin, setelah verifikasi data calon Panglima TNI akan memaparkan visi dan misinya selama 30 menit.

"Lalu masing-masing fraksi diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan atau pendalaman selama masing-masing 7 menit. Kemudian calon Panglima TNI diberi kesempatan memberikan tanggapan selama 20 menit. Bila masih kurang dilakukan lagi pedalaman berupa pertanyaan dan dijawab oleh calon Panglima TNI," bebernya.

Setelah selesai pemaparan visi misi dan pendalaman dari masing-masing fraksi, kata dia, Komisi I DPR akan melangsungkan rapat internal untuk pemberian persetujuan.Rapat internal ini dijadwalkan pukul 13.30

"Dalam rapat internal Komisi I akan diputuskan apakah calon Panglima TNI lulus atau tidak fit and proper test. Kemudian, hasil dari rapat internal akan diserahkan kepada Ketua DPR untuk dibawa ke Rapat Paripurna," ungkap dia.

Hasanuddin menambahkan, bila Laksamana Yudo Margono disetujui DPR maka kemungkinan unsur pimpinan Komisi I akan melaksanakan silaturahmi ke kediaman Panglima TNI yang baru Laksamana Yudo Margono.

"Ya kalau sudah disetujui sebagai Panglima TNI yang baru, maka pimpinan Komisi I akan silaturahmi ke kediaman Laksamana Yudo Margono," tandasnya.

tag: #tb-hasanuddin  #panglima-tni  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Selamat HUT RI ke77 - Ahmad Najib
advertisement