Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 20 Mei 2023 - 05:44:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Di Milad ke-106 Aisyiyah, Puan Tegaskan Siap Lanjutkan Perjuangan Fatmawati Bersama Perempuan Muhammadiyah

tscom_news_photo_1684536271.jpg
Puan Maharani (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan ucapan Selamat Milad ke-106 kepada organisasi Aisyiyah. Ia menyakini organisasi perempuan Muhammadiyah ini akan melahirkan perempuan-perempuan calon pemimpin bangsa.

Pernyataan Puan tersebut disampaikan secara virtual melalui video testimoni yang ditayangkan dalam acara puncak milad Aisyiyah ke-106 di Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Jumat (19/5/2023).

Dalam milad tahun ini, Aisyiyah mengangkat tema ‘Kepemimpinan Perempuan Mencerahkan Peradaban Bangsa’.

“Saya berdoa di usianya yang sudah lebih dari 1 abad ini, Aisyiyah terus menjadi organisasi perempuan Muhammadiyah terdepan yang melahirkan kaum perempuan hebat calon-calon pemimpin bangsa yang akan terus merawat, menjaga dan mengawal cita-cita negara Proklamasi 17 Agustus 1945,” kata Puan.

Aisyiyah merupakan sebuah gerakan perempuan Muhammadiyah yang didirikan pada 19 Mei 1917. Embrio berdirinya Aisyiyah telah dimulai sejak diadakannya perkumpulan Sapa Tresna di tahun 1914, yaitu perkumpulan gadis-gadis terdidik di sekitar Kauman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Puan yang juga cucu Bung Karno dan Ibu Fatmawati memiliki pandangan sejalan tentang peran perempuan yang sangat penting terhadap kelangsungan masa depan bangsa. Bahkan ia mendorong perempuan Indonesia ikut berperan dalam setiap kepentingan bangsa dan negara.

“Sebagai cucu dari Bung Karno dan Ibu Fatmawati yang juga tokoh Muhammadiyah dan Aisyiyah, saya siap untuk bekerja sama dan bahu membahu dengan segenap
Pimpinan Aisyiyah dan Muhammdiyah, untuk terus berkhidmat kepada bangsa dan negara demi tercapainya cita-cita dan tujuan kita bernegara,” ungkapnya.

“Yakni tercapainya kesejahteraan serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” tambah Puan.

Mantan Menko PMK ini pun berharap organisasi Aisyiyah akan terus berkembang seiring perkembangan zaman. Puan juga meminta Aisyiyah menjadikan perempuan sebagai pendorong nilai-nilai kesatuan bangsa sesuai dengan amanat Pancasila.

Sebab Pancasila bukan hanya telah mempersatukan bangsa namun juga menjadi penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan datau ujian. Untuk itu, Puan mengungkapkan peran perempuan dalam menjaga serta mengawal Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

“Sebagai bagian dari perempuan Indonesia, saya meyakini sepenuhnya, Aisyiyah akan menjadi organisasi modern dengan reputasi internasional yang disegani dan dihormati,” sebut perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Sebagai informasi, nama itu Aisyiyah terinspirasi dari istri Nabi Muhammad, yaitu Aisyah yang dikenal cerdas dan mumpuni. Jika Muhammadiyah berarti pengikut Muhammad, maka Aisyiyah bermakna pengikut Aisyah.

“Selamat Milad ke-106 tahun kepada segenap pimpinan Organisasi Aisyiyah baik di Pusat maupun di Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia,” ujar Puan.

tag: #dpr  #puan-maharani  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...
Berita

Legislator Golkar Tegaskan Bangsa Indonesia Terus Dukung Kemerdekaan Palestina

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota DPR RI Mukhtarudin mengatakan bahwa Indonesia tetap mendukung kemerdekaan Palestina, sesuai dengan politik luar negeri yang dianut Indonesia. "Posisi ...