Oleh Fath pada hari Selasa, 23 Apr 2024 - 18:25:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Legislator Golkar Tegaskan Bangsa Indonesia Terus Dukung Kemerdekaan Palestina

tscom_news_photo_1713871511.jpg
Mukhtarudin Anggota komisi VII DPR RI dari fraksi partai Golkar (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota DPR RI Mukhtarudin mengatakan bahwa Indonesia tetap mendukung kemerdekaan Palestina, sesuai dengan politik luar negeri yang dianut Indonesia.

"Posisi Indonesia tidak berubah dan tetap kokoh mendukung kemerdekaan Palestina dalam kerangka solusi dua negara," tutur Mukhtarudin, Selasa, 23 April 2024.

Politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini berharap seluruh anggota Dewan Keamanan PBB untuk mengeluarkan resolusi konflik di Jalur Gaza, dan mengimbau negara Asean untuk ikut menurunkan tensi konflik di Timur Tengah tersebut.

"Ya tentu dengan berharap kebijakan menyerukan gencatan senjata di Gaza, Palestina," imbuh Mukhtarudin.

Mesti begitu, peraih penghargaan tokoh peduli daerah terbaik Teropong Parlemen Award 2023 ini pun mendorong pemerintah terus mengupayakan penyelesaian dan perdamaian Palestina secara adil melalui two-state solution.

Mengingat, lanjut Mukhtarudin, stabilitas di Timur Tengah tidak akan terwujud tanpa penyelesaian isu Palestina secara menyeluruh.

Indonesia diketahui turut serta dalam pencapaian perdamaian di seluruh dunia, dan menghormati hak kemerdekaan suatu bangsa, guna mewujudkan kawasan yang stabil dan damai terutama di kawasan Timur Tengah.

Untuk itu, Mukhtarudin berharap pemerintah Indonesia terus melakukan pertemuan dan pembicaraan baik secara bilateral maupun multilateral dengan negara-negara sahabat.

"Ya, hal ini guna menyampaikan kebijakan-kebijakan untuk mengatasi krisis ekonomi global sebagai akibat dari kondisi yang tengah memanas saat ini di Timur Tengah," pungkas Mukhtarudin.

*Konsistensi Indonesia Dukung Palestina*

Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi menemui Wakil Presiden (Wapres) Ma"ruf Amin di Istana Wapres pada Rabu, kemarin.

Menlu telah melaporkan mengenai konsistensi Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina.

Dalam pertemuan itu, Menlu menampik secara tegas adanya pemberitaan bahwa Indonesia akan melakukan normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel.

Sementara, Wapres Ma"aruf Amin juga mendukung sepenuhnya langkah Indonesia tersebut, termasuk dalam upaya meredakan konflik Israel-Palestina melalui kesepakatan two state solution.

"Itu didukung sepenuhnya oleh Bapak Wapres untuk terus konsisten (menerapkan) two state solution adalah final, tidak akan berubah. Itu saya kira yang menjadi prinsip, yang menjadi perintah juga dari Wapres untuk terus diperjuangkan," kata Juru Bicara (Jubir) Wapres Masduki Baidlowi.

Selain itu, Menlu juga melaporkan situasi terkini terkait konflik Iran-Israel yang baru-baru ini mengemuka dan peran Indonesia dalam upaya meredam konflik tersebut.

"Bu Menlu melaporkan progres apa yang dikerjakan oleh Bu Menlu terkait dengan kegiatan melakukan lobi pemerintah Indonesia terhadap berbagai negara, bagaimana termasuk pada Iran yang menjadi fokus agar tidak terjadi perang agar tidak terjadi pembalasan dari pihak Israel," ucap Baidlowi.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Gerindra Sebut Ucapan Luhut Sebagai Masukan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 03 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Harian Gerindra Dasco menilai pesan Luhut sebagai saran untuk Prabowo. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berpesan kepada ...
Berita

Penumpang Mengamuk, Oknum Tiket Garuda Diduga Ganti Seat Penumpang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Buntut dari dibatalkannya penerbangan jadwal penerbangan para penumpang secara sepihak oleh Maskapai Garuda membuat seorang pria mengamuk di kantor Garuda ruangan tiket ...