Oleh Aris Eko pada hari Selasa, 01 Okt 2024 - 06:18:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Ahmad Basarah Dukung Irman Gusman Jadi Pimpinan MPR RI, Ini Alasannya

Irman Gusman (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Perebutan kursi pimpinan MPR unsur DPD RI mulai seru. Setelah Komeng dan Fadel Muhammad kini muncul nama Irman Gusman. Anggota DPD RI Terpilih 2024 asal Sumatera Barat, dengan nama lengkap Irman Gusman, S.E., MBA dinilai sebagai sosok paling tepat untuk menjadi Pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI. Keyakinan ini datang setelah melihat pengalaman dan kemampuan nya selama di MPR sejak 1999 lalu.

Pengakuan atas pengalaman dan kemampuan Irman disampaikan salah satunya oleh Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah saat Orientasi Calon Anggota MPR RI 2024 yang dihelat di Gedung Nusantara 4 Kompleks MPR/DPR/DPD RI Minggu (28/9). Menurutnya selain paling senior saat ini, Irman memiliki pengalaman dan kemampuan yang sudah teruji untuk menjadi Pimpinan MPR dari Unsur DPD RI.

“Selama menjadi Pimpinan di DPD RI Irman terbukti menjadi ujung tombak dalam penguatan Fungsi DPD,” tegas Ahmad Basarah melalui rilis diterima Selasa (1/10/2024).

Irman Gusman memang buka orang baru dilingkungan DPD RI. Memulai karier politik sejak 1999 dengan menjadi anggota MPR RI Fraksi Utusan Daerah Sumatera Barat. Pada pemilihan umum 2004, Irman yang dikenal sebagai penggagas lahirnya DPD-RI, terpilih sebagai anggota DPD-RI mewakili Sumatera Barat. Di tahun itu Ia terpilih menjadi Wakil Ketua DPD-RI bersama Laode Ida mendampingi Ginandjar Kartasasmita sebagai Ketua DPD-RI periode pertama. Pada Pemilu 2009, Pria kelahiran 11 Februari 1962 ini kembali duduk untuk periode kedua DPD-RI dan terpilih menjadi Ketua. Lima Tahun kemudian, Irman Gusman kembali terpilih untuk periode ketiga DPD-RI dan juga kembali terpilih sebagai Ketua.

“Jika mendapat kepercayaan sebagai Pimpinan MPR dari unsur DPD RI, prioritas saya adalah menguatkan peran dan fungsi DPD. Bukan hanya di MPR tapi juga dalam peran legislasi dan pengawasan. DPD harus kuat dan ini perlu kepemimpinan yang kuat dan sinergis antar Lembaga,” ujar Irman Gusman.

Dirinya mengaku sudah mendapat dukungan dari banyak Anggota DPD RI 2024 terpilih. “Sudah banyak yang meminta saya untuk maju sebagai Pimpinan MPR, Sudah ada puluhan Anggota dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Indonesia Timur yang meminta saya maju sebagai Pimpinan MPR,” ujar dia.

Irman Gusman merupakan putra Minangkabau Putra dari pasangan Gusman Gaus dan Janimar Kamili asal Guguak Tabek Sarojo, Agam. Ayahnya pernah menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, sedangkan ibunya merupakan anak dari pedagang emas yang cukup sukses di Sumatera Barat. Pendidikan di SD Negeri 58 Padang ditempuhnya hanya dalam waktu 5 tahun lalu dilanjutkan ke SMP Negeri 3 Padang, dan SMA Don Bosco Padang, tetapi menamatkan pendidikan di SMA Negeri 2 Padang pada 1979.

Irman menyelesaikan pendidikan sarjananya di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia (UKI) pada 1984, dan meraih gelar Master of Business Administration (MBA) dari Graduate School of Business, University of Bridgeport, Connecticut, Amerika Serikat pada 1987. Semasa di UKI, ia aktif dalam Himpunan Mahasiswa Islam.(ris)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
BANK DKI JACKONE
advertisement
We Stand For Palestinian
advertisement
HUT RI 79 - SOKSI
advertisement
HUT RI 79 - ADIES KADIR
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement