Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 14 Jan 2015 - 17:28:38 WIB
Bagikan Berita ini :
Fraksi Partai Demokrat Menolak

Sembilan Fraksi DPR Setuju Komjen Budi Gunawan Jadi Kapolri

39Aziz Syamsudin 004.jpg
Azis Syamsudin (Sumber foto : Mulkan Salmun/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Sembilan fraksi yang ada di DPR setuju Komjen Budi Gunawan menjadi Kapolri. Hanya Fraksi Partai Demokrat yang tidak setuju. Itulah hasil rapat pleno Komisi III DPR membahas hasil uji kelayakan dan kepatutan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri yang berlangsung hari ini.

"Menyetujui Komjen pol. Budi Gunawan (sebagai Kapolri-red) dan kami akan segera kirim pada pimpinan DPR untuk di jadwalkan rapat paripurna untuk dibacakan (hasil rapat pleno Komisi III-red) dalam paripurna," ujar Azis Syamsudin, Ketua Komisi III saat membacakan hasil rapat pleno di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (14/1/2015).

Menurut Azis, hasil rapat pleno Komisi III yang akan menjadi materi dalam rapat paripurna DPR sifatnya adalah menyetujui Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri. Hal ini sesuai dengan ketentuan dan surat yang telah dikirim oleh Presiden Jokowi kepada pimpinan DPR.

Setelah disetujui dan diputuskan dalam rapat paripurna nanti, maka kewenangan melantik atau tidak ada di pihak Presiden Jokowi. "Kita hanya memproses persetujuan saja. Kalau soal dilantik atau tidak dilantik kita lihat saja keputusan presiden nanti. Saya tidak mau ber andai-andai," papar Azis Syamsudin usai memimpin rapat pleno Komisi III.

Sesaat sebelumnya komisi bidang hukum DPR ini melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri. Proses ujian ini dilakukan secara terbuka. Sedang saat rapat pleno berlangsung secara tertutup.

Azis enggan memaparkan materi yang dibahas dalam rapat pleno. Namun dia memastikan bahwa sembilan fraksi setuju Komjen Budi Gunawan menjadi Kapolri. Hanya satu fraksi yang tidak setuju yaitu Fraksi Partai Demokrat. "Sembilan fraksi yang menyetujui dan satu yang menolak. Keputusan sudah khorum," tegas Azis Syamsudin.(ris)

tag: #Azis  #Komjen Budi Gunawan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
BANK DKI JACKONE
advertisement
We Stand For Palestinian
advertisement
HUT RI 79 - SOKSI
advertisement
HUT RI 79 - ADIES KADIR
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement