Berita
Oleh Bani Saksono pada hari Selasa, 27 Des 2016 - 23:22:00 WIB
Bagikan Berita ini :

NKRI Sedang Menghadapi Lima Masalah ini

33UNAS-BAHAYA-ASING.jpg
Peserta Musyawarah Kebangsaan yang digagas Pusat Studi Ketahanan Nasional Universitas Nasional [PSKN-Unas], Selasa [27/12/2016] foto bersama di kampus Unas Sawo Manila, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. (Sumber foto : dok/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Ada lima persoalan yang saat ini sedang dihadapi Negara Kesatuan Republik Indonesia [NKRI]. Kelima hal itu adalah pertama, potensi perkembangan dan kebangkitan komunis.

Kedua, adanya invasi senyap kekuatan asing dalam bentuk sumber daya manusia. Ketiga, adanya potensi konflik antar-etnis dan umat beragama. Keempat, lemahnya kedaulatan masyarakat Indonesia. ‘’Kelima, mulai bergesernya pemahaman ideologi Pancasila,’’ kata Kepala Pusat Studi Ketahanan Nasional Universitas Nasional [PSKN-Unas] Iskandarsyah Siregar, Selasa [27/12/2016].

Hal itu diungkapkan Iskandar sebagai rekomendasi hasil Musyawarah Kebangsaan yang diadakan PSKN-Unas di kampus Sawo Manila, Pasar Minggu, Jakarta. ‘’Kelima persoalan bangsa itu harus segera dianalisis, dicarikan solusi, dan diselesaikan besama oleh segenap komponen bangsa Indonesia,’’ kata Iskandarsyah.

Dalam acara yang dibuka oleh koordinator Kopertis Wilayah 3 Illaah Sailah itu, juga merekomendasikan agar TNI harus bekerjasama dengan kaum agamawan, ilmuan, raja sultan pemangku adat, dan para profesional dalam mengatasi persoalan-persoalan tersebut.

"Indonesia hari ini sudah dalam keadaan kritis dan mulai saat inilah segenap komponen bangsa harus secara bersama-sama bertekad untuk kembali kepada ideologi Pancasila,’’ kata dia. Semua komponen bangsa, kata dia, harus ikhlas melepaskan segala kepentingan pribadi dan kelompok demi menyelamatkan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia [NKRI].

Musyawarah Kebangsaan itu juga dihadiri Laksamana (Purn) Slamet Subijanto dan Kolonel Inf Niko Fahrizal yang datang mewakili Pangkostrad. Peserta musyawarah mengisyaratkan bahwa kekuatan asing telah masuk dan mengacak-acak Indonesia melalui berbagai cara. Di antaranya, mulai perusakan nilai-nilai kehidupan hingga perang candu.

Indonesia menjadi daya tarik asing untumelakukan invasi karena besarnay potensi yang ada. Kedua narasumber ini juga menekankan bahwa tidak ada jalan lain untuk menyelamatkan bangsa ini kecuali dengan kembali kepada tata kehidupan yang berlandaskan Pancasila sebagai dasar negara.

Agar masalah serius itu tidak hanya berhenti di atas kertas, musyawarah memberi rekomendasi diadakannya ditindak lanjut dalam bentuk audiensi ke Presiden Joko Widodo dan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. ‘’Kami ingin mengantarkan rekomendasi hasil musyawarah kepada pemerintah, dalam hal Presiden dan Panglima TNI,’’ tutur Iskandarsyah.

Selain Slamet dan Niko, acara itu juga dihadiri sejumlah perwakilan pesantren, beberapa rektor perguruan tinggi, para petinggi TNI dari berbagai kesatuan seperti Marinir, Kopassus, dan Kostrad. Ada lagi Sultan Arif dari Cirebon, anggota Lemhanas, ketua SPSI, Pancasila Center, MKPN, Ikatan Dokter Indonesia, dan 23 Ketua BEM seluruh Indonesia. [b]

tag: #pancasila  #panglima-tn-gatot-nurmantyo  #partai-komunis  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Mendadak, Caleg PKB Cabut Gugatan di MK

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 30 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Arief Hidayat kaget dengan keputusan Caleg PKB yang mencabut permohonan perkara Pileg 2024 DPRD Aceh. Permohonan Caleg PKB ini berkaitan ...
Berita

Dukung Pembangunan Berkelanjutan, Bank DKI Resmikan Kebun Hidroponik

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI secara konsisten menunjukkan komitmennya dalam mendukung tujuan pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals melalui perwujudan 2 program Tanggung ...