Bisnis
Oleh Bani Saksono pada hari Sabtu, 21 Feb 2015 - 12:54:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Kemenag Siap Turunkan ONH 26 Dolar AS

7Lukman Hakim Saefuddin-indra.jpg
Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)
Teropong Juga:


Kemenag Siap Turunkan ONH 26 Dolar AS

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Sesuai dengan permintaan DPR, Kementerian Agama (Kemenag) mengusulkan penurunan boaya atau omgkos naik haji (ONH) tahun ini. Semula, tahun lalu besarnya rata-rata 3.219 dolar AS. Tahun ini akan diturunkan hingga 26 dolar AS.

“Tahun sekarang kita mengusulkan 3.193 USD. Itu sudah turun dari tahun yang lalu, karena memang harga bahan bakar kan turun,” kata Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin usai shalat Jumat (20/02) di kantor Kemenag. Seperti dikutip dari situs kemenag.go.id, Menag mengatakan, dengan menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, diharapkan ONH atau Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini bisa turun lagi. Dengan demikian beban biaya yang ditanggung jamaah tidak makin berat.

Saat ini, soal ONH atau BPIH sedang menjadi pembahasan Panitia Kerja (Panja) BPIH DPR bersama Menag. Lukman berharap, Panja bisa menyelesaikan tugasnya selambat-lambatnya April. Sesuai jadwal, musim haji tahun ini jatuh pada bulan September.

Investasi Dana Haji

Pada kesempatan itu, Menag juga menyinggung tentang dana investasi haji seperti diatur dalam UU Nomor 34 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji (PKH). UU itu mengamanatkan dienuknya Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Kemenag menargetkan BPKH bisa berdiri sebelum September tahun ini.

Prinsipnya, kata Menag, pengelolaan dana haji itu harus berprinsip syariah, harus pruden atau penuh kehati-hatian, dan bisa dipertanggungjawabkan. Karenanya, dana abadi haji itu tak boleh diinvestasikan semuanya, tapi minimal harus disisihkan sebesar dua kali ONH. (b)

tag: #ONH/BPIH turun  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement