Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Kamis, 19 Mar 2015 - 14:46:49 WIB
Bagikan Berita ini :

Uchok : Lelang Traktor Pertanian Harus Transparan

5uchok.jpg
Direktur eksekutif Center for Budget Analysys Uchok Sky Khadafi (Sumber foto : Eko S Hilman/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Tindakan penarikan ribuan alat traktor pertanian di Ponorogo membuat pemerintah kehilangan muka. Karena itu Mentan Amran Sulaeman berjanji akan membagikan traktor bulan depan untuk Ponorogo.

"Ini disebabkan DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Kementan baru cair. Makanya, Mentan itu terlihat panik," kata peneliti anggaran dari Centre for Budget Analisys (CBA) Uchok Sky Khadafi kepada TeropongSenayan di Jakarta, Kamis (19/03/2015).

Padahal, kata Uchok, Jokowi sudah menegaskan akan memberikan bantuan traktor sebanyak 41.000 unit ke seluruh Indonesia, termasuk Ponorogo sebanyak 3.000 unit. Tapi ternyata ditarik kembali dan ini sangat menyakitkan rakyat.

Uchok meminta agar Mentan serius merealisasikan pembagian traktor untuk petani bulan depan. Kalau tak, maka bisa dituduh tidak konsisten. Padahal kondisi lapangan hingga saat ini belum ada lelang pengadaan traktor.

Berdasarkan catatan lelang di Kementerian Pertanian 18 maret 2015, ternyata pengadaan alat mesin pertanian berupa traktor untuk 2015 hanya ada dua lelang, pertama Rp1,7 miliar untuk pengadaan traktor pertanian dengan paket anggaran sebesar Rp650 juta dan kedua, pengadaan traktor besar (satu unit) dan traktor mini (satu unit) sebesar satu miliar rupiah

Padahal pada 2014 lalu, lanjut Uchok, pengadaan traktor pertanian hanya sebesar Rp640 juta, begitu pun 2013, hanya ada 4 item untuk pengadaan traktor dengan jumlah anggaran sebesar Rp102 miliar. Sedangkan 2012, ada 5 item untuk pengadaan traktor dengan jumlah anggaran sebesar Rp119 milyar. "Mentan jangan coba coba melakukan lelang dengan cara penunjukan langsung. Kalau itu terjadi, maka bisa ada indikasi korupsi dalam pelelangan dalam pengadaan traktor," imbuhnya. (ec)

tag: #Masalah Pertanian  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Cak Imin Harap Pilkada 2024 Tak Terjadi Manipulasi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 06 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berharap pilkada 2024 berjalan objektif. Hal itu diutarakan Cak Imin dalam acara "Pembekalan Bacakada" di Vasa Hotel ...
Berita

Kolaborasi GPMB dan Amway Memberikan Edukasi Kesehatan untuk Generasi Muda dan Kalangan Pendidik

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)– Gerakan Pembudayaan Minat Baca (GPMB), organisasi sosial mitra Perpustakaan Nasional RI, berkolaborasi dengan Amway dan Amway Care Foundation, menyelenggarakan ...