Oleh Bachtiar pada hari Rabu, 20 Okt 2021 - 11:00:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Dua Tahun Jokowi-Ma’ruf Amin, Legislator PAN: Ketimpangan Ekonomi Kelas Atas dan Bawah Meningkat

tscom_news_photo_1634702401.jpg
Ahmad Najib Qudratullah Politikus PAN (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma"ruf Amin perlu mengeluarkan kebijakan lebih terarah guna mengatasi ketimpangan yang menjadi masalah besar dalam sektor perekonomian di tanah air.

Demikian disampaikan oleh Anggota DPR RI Ahmad Najib Qodratullah saat memberikan catatan dan pandangannya di sektor ekonomi dalam momentum dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi- Ma"ruf Amin pada 20 Oktober ini.

"Ketimpangan ini yang menjadi masalah besar dalam perekonomian. Pemerintah perlu memberikan kebijakan yang lebih terarah. Baik, bantuan tunai dan sosial masih perlu dipertahankan, kemudian permudah akses perbankan dan berantas jasa keuangan ilegal (ini baru saja menjadi perhatian presiden)," kata Politikus PAN itu, Rabu, (20/10/2021).

Najib juga menyoroti, soal pertumbuhan ekonomi yang secara signifikan naik pada kuartal II-2021 sebesar 7,07% saat masa krisis dan pandemi. Najib meminta, agar pemerintah tetap waspada.

"Namun dibalik keberhasilan pencapaian indikator makro ekonomi tadi perlu diwaspadai. Sebab, tingkat ketimpangan ekonomi yang meningkat antara masyarakat kalangan ekonomi atas dan bawah. Kemudian secara spesifik kinerja monter dan fiskal yang diawal cukup tergopoh gopoh sekarang semakin terkendali," kata Najib.

Najib meminta, pemerintah perlu lebih memperhatikan sektor riil, pariwisata dan lainya. Hal ini, kata Najib, lantaran dampak pembatasan atau PPKM telah memukul sektor tersebut cukup dalam.

"Perlu insentif lebih baik agar ada akselarasi recovery," tutur Najib.

Meski demikian, Najib mengapresiasi, perbaikan cara penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah. Najib bersyukur pemerintah lebih singkat dalam menghadapi gelombang kedua Covid-19.

"Ketika serangan gelombang ke 2 menyerang Indonesia relatif lebih singkat dalam menanganinya.
Bandingkan dengan India yang memakan waktu cukup lama untuk mengendalikan pandemi," jelas Najib.

Najib mengingatkan, pemerintah harus tetap memperbaiki catatan target vaksinasi. Najib berharap, pemerintah harus selalu waspada dengan tidak terlalu terburu buru menurukan level kewaspadaan.

"Perlu terus diperbaiki," ungkap Legislator asal Jawa Barat ini.

Saat disinggung perlu tidaknya ada evaluasi tim ekonomi di sisa tiga tahun kepemimpinan Jokowi-Ma"ruf Amin, Najib nengatakan, hal itu merupakan hak prerogatif Presiden.

"Yang sekarang kita lakukan adalah saran kritik yang konstruktif dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi legislatif," pungkas Najib.

tag: #kinerja-jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement