Oleh Bachtiar pada hari Rabu, 21 Apr 2021 - 13:11:51 WIB
Bagikan Berita ini :

Soroti Membengkaknya Utang Luar Negeri Indonesia, Legislator Demokrat: Ekonomi Kita Malah Terkontraksi Minus?

tscom_news_photo_1618985511.jpg
Didi Irawadi Syamsuddin Politikus Partai Demokrat (Sumber foto : Istimewa)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin mewanti-wanti agar pemerintah dapat berhati-hati dalam mengelola utang luar negeri.

Hal tersebut disampaikan oleh Didi saat menanggapi soal naiknya utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Februari 2021 sebesar USD422,6 miliar.

Atau tumbuh 4,0% (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya sebesar 2,7% (yoy).

"Kondisi ini menunjukkan pengelolaan utang Indonesia makin kurang baik.
Indikator ini juga menunjukkan kemampuan membayar utang Indonesia makin memburuk. Oleh karenanya pemerintah lebih berhati-hati dalam mengelola utang luar negeri," tandas Didi, Rabu, (21/4/2021).

Didi memprediksi, rasio utang Indonesia kemungkinan akan terus naik beberapa tahun mendatang akibat tekanan pandemi Covid-19.

"Belanja pemerintah terus meningkat seiring dengan penyusutan penerimaan negara, ditambah utang yang makin membengkak," ungkap Didi.

Didi pun menyoroti langkah pemerintah telah mengucurkan dana besar hingga Rp 800 triliun yang didominasi utang luar negeri untuk menanggulangi Covid-19.

"Namun tidak membuahkan hasil yang optimal. Ekonomi Indonesia malah terkontraksi minus dan resesi pertama kali sejak tahun 1999, padahal sudah dikucurkan dana besar," tandas Didi.

tag: #utang-pemerintah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...