Oleh Bachtiar pada hari Kamis, 02 Jun 2022 - 23:10:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengamat Ini Usulkan Pembentukan Provinsi Jawa Utara dan Selatan

tscom_news_photo_1654186060.jpg
Pengamat Politik, Ujang Komarudin (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin mendorong agar ada pemekaran wilayah di pulau Jawa.

Menurutnya, jumlah penduduk pulau Jawa yang sangat padat mesti diurai demi adanya pemerataan kesejahteraan.

"Perlu dipikirkan (pemekaran) agar pulau Jawa yang saat ini terdiri dari Enam provinsi (Banten, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, DKI Jakarta) bisa terurai kepadatan penduduknya," ucap Ujang kepada wartawan, Kamis (2/6).

Hal itu, menurutnya, perlu dipikirkan secara mendalam agar distribusi kesejahteraan untuk rakyat dapat dirasakan secara merata.

"Jika ada pemekaran wilayah baru maka beban kesejahteraan yang ditanggung oleh sejumlah provinsi yang ada di pulau Jawa bisa berkurang," ucapnya.

Adapun skema pemekaran wilayah di pulau Jawa, Ujang mengusulkan agar Pemekaran dilakukan berdasarkan sesuai garis pantai.

"Misal ada provinsi Jawa Utara dengan wilayah administrasinya berpangkal di pesisir Utara, bisa saja ibu kotanya Cirebon atau Tegal misalnya. Lalu ada provinsi Jawa Selatan dengan ibu kotanya Cilacap misalnya," jelas dia.

Ujang meyakini jika ada penambahan Provinsi baru di pulau Jawa maka, distribusi kesejahteraan akan semakin merata.

"Jawa pusat konsentrasi penduduk Indonesia jadi perlu ada upaya konkret untuk mengurai berbagai macam persoalan yang terjadi di pulau Jawa termasuk soal distribusi kesejahteraan. Pembangunan juga biar merata di pulau Jawa secara keseluruhan," ucapnya

tag: #ujang-komarudin  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...