Oleh Bachtiar pada hari Kamis, 24 Nov 2022 - 22:10:33 WIB
Bagikan Berita ini :

BigBox Dibalik Sukses Portal Satu Data Indonesia Milik Pemkot Semarang

tscom_news_photo_1669302633.jpg
Gedung Merah Putih Telkom (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- BigBox sebagai salah satu platform digital PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memiliki peran aktif dalam menyukseskan dan memenuhi kebutuhan portal Satu Data Indonesia (SDI) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan platform Big Data.

Sebelumnya, Pemkot Semarang berhasil meraih nilai tertinggi (93%) dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) dan mendapat apresiasi di Forum G20 yang dihelat di Bali bulan Agustus 2022 lalu, terkait implementasi SDI.

Capaian tersebut diperoleh Pemkot Semarang karena berhasil menerapkan prinsip Open Government yang transparan dan akuntabel sehingga mampu menyusun seluruh kebijakan pembangunan strategis berbasis data, sesuai dengan yang ada di portal SDI Kota Semarang.

Sebelum mendapatkan predikat tersebut, Analis Data Statistik Pemkot Semarang Taufan Yuristian Dalimarta, menjelaskan bahwa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkot Semarang masih banyak yang belum memiliki sistem pengolahan data digital sehingga masih dilakukan secara manual menggunakan Microsoft Excel. Bahkan, masih ada OPD yang mengolah data secara analog menggunakan Buku Data Induk.

“Ada juga sebagian kecil OPD, khususnya yang memiliki hubungan vertikal dengan kementerian, pengolahan datanya dilakukan dengan cara sistem tertutup sehingga data tersebut tidak dapat dibagikan atau dipakai oleh perangkat daerah lain,” kata Taufan.

Saat ini data sudah menjadi unsur vital sebagai landasan dalam pengambilan kebijakan yang strategis. Memanfaatkan platform BigBox, ekosistem digital di Pemkot Semarang mampu terakselerasi dengan baik. BigBox membantu mengkonversi data-data analog dari beberapa OPD di Pemkot Semarang yang belum memiliki pengolahan digital.

Berbagai format data milik Pemkot Semarang yang diantaranya berasal dari Microsoft Excel, Pdf, maupun Jpg, dapat diubah menjadi data digital dan diolah di cloud server BigBox secara realtime sehingga dapat disajikan dalam bentuk hasil pengolahan data serta grafik visual di portal SDI Kota Semarang.

Lebih lanjut, Taufan mengatakan bahwa, “Pemkot Semarang membutuhkan provider teknologi terpercaya yang seluruh infrastruktur teknologi berada di Indonesia dan dikuasai sepenuhnya oleh anak bangsa untuk mengurangi kemungkinan kebocoran dan penyalahgunaan data. Maka dari itu kami memilih BigBox sebagai produk digital dari Telkom yang unggul dan merata di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Pemanfaatan BigBox sukses mengintegrasikan 2.162 data sektoral milik Pemkot Semarang, serta menghasilkan 127 IKU (Indikator Kinerja Utama) dari Pemkot Semarang. Tak hanya itu, BigBox turut membantu pembuatan platform berbasis web untuk mengakses data terkait ketahanan pangan Kota Semarang. Melalui platform ini, masyarakat Kota Semarang dapat mengakses informasi terkait pangan secara real time berdasarkan kondisi terkini di lapangan.

Mendukung akselerasi ekosistem digital Pemkot Semarang, Direktur Digital Bisnis Telkom Fajrin Rasyid menyampaikan “Kehadiran BigBox mempermudah Pemkot Semarang dalam mengidentifikasi permasalahan yang krusial terkait pangan, serta data tersebut dapat digunakan dalam upaya penanggulangan masalah pangan,” tutur Fajrin.

Transparansi yang diterapkan oleh Pemkot Semarang dari pemanfaatan BigBox membuat keterbukaan informasi bagi publik semakin meningkat.

Selain itu, melalui portal SDI Kota Semarang dan data yang telah terintegrasi, memungkinkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengawasi pembangunan dan pengambilan kebijakan yang tepat sasaran di Kota Semarang.

“BigBox berperan aktif dalam memberikan masukan, konsultansi, dan pelatihan kepada Pemkot Semarang. Dengan pendekatan teknologi, Pemkot Semarang menjadi mampu meningkatkan produktivitas kinerja serta menerapkan efisiensi,” tutup Fajrin.

BigBox merupakan bagian dari Leap sebagai umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia.

Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang. Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengakseshttps://leap.digitalbisa.id/.





tag: #telkom  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Di Akhir Periode Kepengurusan PIA DPR Tetap Jalankan Komitmen Berbagi Pada Sesama

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Sebagai bentuk komitmen untuk selalu berbagi berkah, di bulan suci Ramadhan kali ini Persaudaraan Isteri Anggota (PIA) DPR RI tetap menggelar pemberian Paket sembako bagi ...
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...