Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 12 Des 2022 - 13:49:50 WIB
Bagikan Berita ini :

Munas XI SOKSI: Ali Wongso Terpilih Kembali Ketua Umum Periode 2022-2027

tscom_news_photo_1670827790.jpg
Ali Wongso Sinaga Ketua Umum SOKSI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Munas XI SOKSI di Bumi Lancang Kuning (Pekanbaru) mendaulat Ali Wongso untuk kembali memimpin SOKSI dalam Periode 2022-2027.

Pemilihan Bung Ali berlangsung secara aklamasi setelah sebelumnya seluruh Depidar SOKSI dan Konsentrasi/ Lembaga/Sayap SOKSI di Munas menyampaikan aspirasi dan rekomendasi agar tokoh politisi senior Partai Golkar dan senior SOKSI tersebut bersedia kembali memimpin Ormas Pendiri Partai Golkar itu sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI Periode 5 (lima) tahun kedepan.

Masing-masing unsur Peserta Depidar dan Konsentrasi/Lembaga/Sayap menyampaikan aspirasi tersebut saat memberikan pandangan umum atas Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Depinas SOKSI 2017-2022. Dalam LPJ tersebut tergambar jelas bagaimana SOKSI di bawah kepemimpinan Bung Ali selama periode 2017-2022 harus berjuang gigih untuk mempertahankan eksistensi SOKSI baik secara de jure, maupun secara politik. Hal tersebut berkaitan dengan kisruh dualisme kepemimpinan SOKSI yang sempat muncul beberapa tahun lalu.

SOKSI di bawah kepimimpinan Ali Wongso telah berhasil mempertahankan legitimasi Pemerintah berupa legal standing dari Kemenkumham RI selain legitimasi historis, ideologis dan legitimasi politik.

Di tengah tantangan menghadapi rongrongan dari pihak-pihak yang dissident karena memiliki karakter dan kepentingan politik berbeda, ditambah dengan aneka keterbatasan yang diakibatkan pandemi Covid-19 selama 3 tahun ini, SOKSI di bawah kepemimpinan Ali Wongso pada periode 2017-2022 tetap dapat menjalankan mesin organisasi dengan catatan beberapa prestasi dan juga catatan perbaikan ke depan.

LPJ yang diberi tema “Mengawal Eksistensi dan Melaksakan Trisukses Menuju Kebangkitan SOKSI Bergerak Memenangkan Partai Golkar demi Kemajuan Bangsa”, diterima oleh seluruh peserta Munas sebagaimana tanggapan yang terungkap dalam Pandangan Umum masing-masing perwakilan Peserta.

Semua unsur Depidar di penghujung tanggapan mereka, menyampaikan aspirasi dan rekomendasi agar Bung Ali Wongso bersedia kembali memimpin SOKSI. Aspirasi itulah yang diwujudkan dalam agenda Pemilihan Ketua Umum yang berlangsung secara aklamasi dalam sidang paripurna IV Munas XI SOKSI di Hotel Grand Jatra Pekanbaru itu dipimpin oleh Ketua Pimpinan Munas, Hermansyah didampingi Sekretaris Ida Yuliati dan tiga anggota pimpinan, Agung Ayu Puspa Dewi (Bali), Hatta Zainal (Kaltim), Adhi Pala (Gorontalo), dan Prasetyo (Fokusmaker).

Ketua Penyelenggara Anshari Wiriasaputra bersama Ketua Panitia Pengarah Munas XI SOKSI, Valentino Barus menyampaikan kepada wartawan pada Minggu (11/12/2022).

Munas XI SOKSI telah berlangsung tertib dan sukses menghasilkan 6 Keputusan penting yaitu tentang Perubahan AD/ART SOKSI, Program Umum SOKSI Tahun 2022-2027, Penetapan Ketua Umum Depinas SOKSI Periode 2022-2027, Pernyataan Politik dan Rekomendasi Munas XI SOKSI selain Keputusan Tim Formatur Munas XI SOKSI yang menetapkan Dr.H. Iliyas Indra SH, MH, MM, sebagai Sekjen Depinas SOKSI Periode 2022-2027 mendampingi Ketua Umum Ali Wongso.

Adapun kelengkapan susunan personalia lainnya akan ditetapkan oleh Tim Formatur paling lambat 60 hari.

Dalam Pernyataan Politik Munas XI SOKSI, Valentino mengatakan yang merupakan vocal point adalah kemauan politik SOKSI untuk mendorong Akselerasi Transformasi Budaya berbasis revolusi mental yang sudah dicanangkan Pak Jokowi pada 2014 lalu dan Akselerasi Transformasi Ekonomi berbasis Pertumbuhan Ekonomi sekaligus Pemerataan bagai satu mata uang dua sisi, selain Pengkajian Ulang UUD 1945 pasca 4 kali amandemen dalam rangka pelurusan arah dan pemantapan kelanjutan agenda Reformasi kedepan ditangan kepemimpinan nasional Presiden Jokowi serta Trilogi Pembangunan Nasional sebagai pengamalan Pancasila dalam RPJPN Tahun 2025-2045, paparnya.

tag: #soksi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...