Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 17 Mei 2023 - 22:41:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Timnas Indonesia Bawa Pulang Emas Setelah 32 Tahun, Komisi X DPR: Terima Kasih Garuda Muda

tscom_news_photo_1684338097.jpeg
Andreas Hugo Pareira (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Nasional (Timnas) U-22 Indonesia sukses membawa pulang emas ke tanah air dalam ajang SEA Games 2023 di Kamboja. Komisi X DPR RI yang membidangi urusan olahraga turut mengucapkan selamat atas kesuksesan putra-putra terbaik bangsa usai penantian selama 32 tahun dalam cabang olahraga (Cabor) sepak bola di pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara itu.

“Fantastik, dramatis, acung jempol luar biasa, itulah ungkapan yang patut kita berikan kepada Garuda muda, Timnas U-22 yang meraih emas,” kata Anggota Komisi X DPR RI, Andreas Hugo Pareira, Rabu (17/5/2023).

Di pertandingan final semalam yang berlangsung di Olympic Stadium Phnom Phen, Kamboja, Timnas U-22 Indonesia berhasil mengalahkan Thailand dengan cara yang dramatis. Skuad asuhan Indra Syafri tersebut harus bermain imbang pada 90 menit waktu normal dengan skor sama kuat 2-2.

Barulah pada babak perpanjangan waktu, Indonesia bisa mengukuhkan juara dengan skor akhir 5-2. Ini merupakan medali emas pertama dari Cabor sepak bola pasca SEA Games edisi 2011. Penantian 32 tahun pecinta sepak bola tanah air akhirnya terobati, dengan semangat juang para garuda muda.

Apalagi, menurut Andreas, Tim Garuda berhasil mengalahkan tim dari negara yang selama ini menjadi ‘momok’ bagi persepakbolaan Indonesia.

“Mental bertanding yang pantang menyerah menjadi bukti bahwa kita pun bisa mengalahkan dua tim yang beberapa tahun terakhir ini menjadi ‘monster’ yang menakutkan untuk Indonesia. Vietnam di semifinal dan Thailand di Final,” jelas Legislator dari Dapil Nusa Tenggara Timur (NTT) I ini.

Andreas pun memberikan apresiasi terhadap Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI). Menurutnya, perlu sosok yang berjiwa kerja keras dan konsisten dalam membangun olahraga khususnya persepakbolaan tanah air agar terus mendulang prestasi.

“Semoga awal yang baik dari kepemimpinan Erick Thohir di PSSI bersama tim pelatih yang kompak baik dalam lingkaran Indra Syafri maupun Shin Tae Yong menjadi pendobrak kebuntuan prestasi sepak bola Indonesia,” ucap Andreas.

Di sisi lain, Andreas juga menyakini generasi sepak bola Indonesia akan terus berkembang dan memberikan prestasi membanggaka untuk bangsa. Dengan program pelatihan dan dukungan dari semua pihak, Indonesia diyakini bukan hanya berjaya dalam ajang olahraga se-Asia Tenggara atau Asia saja, tapi sampai tingkat dunia.

“Semangat yang ditampilkan Rizki Ridho, Marselino Ferdinan, Fajar Faturahman dan kawan-kawan menjadi motivasi untuk generasi sepak bola Indonesia,” sebutnya.

Seperti api yang tak pernah padam, Andreas berharap prestasi olahraga Indonesia tetap terang benderang di kancah internasional. Selain itu, atlet Indonesia juga diharapkan agar senantiasa memupuk semangat pantang menyerah, berlatih dengan tekun dan berusaha agar terus meningkatkan kemampuan.

“Kita bisa, dengan rasa haru, bangga kita menyaksikan merah putih berkibar diiringi Indonesia Raya. Terima kasih, Garuda muda,” sebut Andreas.

Upacara penutupan SEA Games 2023 di Kamboja, akan digelar pada Rabu (17/5) malam. Indonesia pun menempati peringkat ketiga dengan mengumpulkan 87 medali emas, 80 perak dan 109 perunggu.

Jumlah koleksi emas Indonesia terpaut hampir 50 keping dari Vietnam yang memuncaki klasemen. Vietnam menempati peringkat pertama dengan 136 emas, 105 perak dan 114 perunggu.

Thailand yang berada di peringkat kedua mengumpulkan 108 emas, 96 perak dan 108 perunggu. Tuan rumah Kamboja yang sempat memimpin klasemen perolehan medali beberapa hari lalu, harus puas mengakhiri SEA Games 2023 di peringkat keempat dengan mengemas 81 emas, 74 perak dan 126 perunggu.

Indonesia sendiri mengirimkan atlet untuk berlaga di 31 Cabor dari 36 Cabor yang dipertandingkan di SEA Games 2023. Indonesia berhasil keluar menjadi juara umum di 8 Cabor, yakni Esports, Balap Sepeda, Tenis, Badminton, Pencak Silat, Wushu, Angkat Besi dan Sepak Bola.

“Selamat untuk kontingen Indonesia yang berhasil membawa pulang banyak medali. Prestasi yang membanggakan ini merupakan hasil kerja sama semua pihak, termasuk dukungan masyarakat,” tutur Andreas.

“Mari kita dukung terus kemajuan olahraga Indonesia. Saya optimistis, kemenangan ini menjadi energi baru untuk kebangkitan prestasi Indonesia di bidang olahraga. DPR akan terus memberi dukungan melalui fungsi tugas dan kewenangan kami,” tutupnya.

tag: #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement