Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 19 Mei 2023 - 15:48:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Isu Kesataraan Gender Dianggap Menarik di Pemilu 2024

tscom_news_photo_1684486115.jpg
Pemilu (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Isu kesetaraan gender dianggap sebagai hal menarik menuju Pemilu 2024 mendatang. Sebab, keadilan gender harus hadir dan berperan juga dalam ruang politik di Indonesia.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PP Hima Persis, Ilham Nur Hidayatullah. Ia mengatakan bahwa setiap gender memiliki peran politiknya masing-masing dalam suatu program yang konkrit.

"Dalam regulasi 30 persennya harus ada peran perempuan. Artinya isu gender ini harus di hadirkan," katanya dalam perbincangan Pro3 RRI, Jumat (19/5/2023).

Dengan demikian, ruang-ruang politik di demokrasi 2024, bisa di nikmati oleh berbagai gender. Selain itu, peran pemuda juga dapat hadir dari sebuah program terkait isu kemiskinan.

Di mana peran generasi muda pun dapat di akomodir oleh partai poltik menjelang demokrasi 2024. Ilham sendiri menyebut dalam parpol terdapat formasi struktural dan kultural.

"Reformasi struktural artinya di mana dalam ruang partai harus menjadi sebuah komitmen bagaimana ruang anak muda diberi porsi. Bukan hanya porsi biasa, tetapi porsi yang cukup besar sekitar 70 persen," kata Ilham.

Sedangkan, reformasi kultural menurut Ilham memiliki arti, bagaimana partai memiliki peran yang konkrit. Yaitu untuk mengedukasi masyarakat, jangan sampai parpol hanya hadir untuk mendekati masyarakat saat pemilu.

"Jadi peran partai harus terasa di masyarakat, jangan jadi angin lewat saja. Tetapi kasih gambaran yang bisa mencerdaskan rakyat dan melibatkan generasi muda kedepannya," ujarnya.

tag: #uu-pemilu  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...