Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 01 Agu 2022 - 13:00:41 WIB
Bagikan Berita ini :

Hari Ini Pendaftaran Pemilu 2024 Dimulai

tscom_news_photo_1659333641.jpg
Pendaftaran Pemilu (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 dimulai. Senin (1/8/2022) menjadi hari pertama pembukaan pendaftaran.

Lantas apa saja persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi partai politik? Berikut rangkumannya seperti dilansir dari portal KPU RI.

Dokumen Pendaftaran

1. Surat pendaftaran partai politik.

2. Surat pernyataan dari pimpinan parpol tingkat pusat, dengan cap basah dan bermaterai yang cukup.

Isi surat pernyataan itu adalah data dan dokumen persyaratan seperti yang telah dimasukkan ke dalan Sipol (Sistem Informasi Partai Politik), Berita Negara Republik Indonesia yang menyatakan parpol terdaftar sebagai badan hukum.

Kemudian salinan AD dan ART yang disahkan Menteri Hukum dan HAM. Memiliki kepengurusan di seluruh provinsi, yaitu 75 persen dari jumlah kabupaten/kota untuk provinsi, dan 50 persen dari jumlah kecamatan di tingkat kabupaten/kota.

Menyertakan paling sedikit 30 persen keterwakilan perempuan dalam kepengurusan partai politik tingkat pusat. Terus memperhatikan 30 persen keterwakilan perempuan dalam kepengurusan partai politik tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Memiliki anggota sekurang-kurangnya 1.000 orang atau 1/1.000 orang dari jumlah penduduk dalam kepengurusan Partai Politik tingkat kabupaten/kota. Itu dibuktikan dengan kepemilikan KTA dan KTP-el atau KK anggota Partai Politik.

Punya kantor tetap yang digunakan sebagai kesekretariatan dalam menjalankan fungsi parpol di setiap kepengurusan tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota. Kantor beroperasi sampai tahapan terakhir Pemilu.

Keterangan tentang pendaftaran parpol sebagai badan hukum yang memuat nama, lambang, dan tanda gambar.

Surat keterangan itu berasal dari menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum dan hak asasi manusia, disertai dengan lambang dan tanda gambar Partai Politik berwarna.

Nomor rekening atas nama parpol di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota kepada KPU.

tag: #uu-pemilu  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...