Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 29 Agu 2015 - 12:00:30 WIB
Bagikan Berita ini :

LMND Sebut Privatisasi BUMN Salah Satu Bentuk Kejahatan

74LMND-NTT-11-386x290.jpg
Bendera LMND (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Sekretaris Jenderal (Sekjend) Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Arif Hidayatullah mengatakan, privatisasi terhadap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah kejahatan.

Dirinya memaparkan, pada awalnya BUMN dibentuk karna kesadaran akan kebutuhan negara pasca proklamasi.

"Pemerintah waktu itu benar-benar menyadari pentingnya akan kemandirian ekonomi guna mempertahankan kedaulatan bangsa. Namun pasca reformasi hingga saat ini privatisasi marak dilakukan oleh pemerintah dengan dalih untuk menyelamatkan ekonomi nasional," kata Arif pada pesan singkat yang diterima TeropongSenayan, Sabtu (29/8/2015).

Arif mengatakan, jika di lihat dari segi filosofinya, antara BUMN dan swasta akan beda pada kepentingannya. Jika swasta keuntungan yang didapat adalah untuk pemilik perusahaan, namun jika BUMN keuntungan yang didapat adalah untuk kesejahteraan rakyat.

"Nah disinilah letak kejahatan pemerintah terhadap rakyatnya. Jika melihat konstitusi kita terhadap kewajiban negara seperti pasal 27 ayat (2) tentang pekerjaan dan kehidupan yang layak, pasal 31 tentang pendidikan gratis serta pasal 34 tentang kewajiban negara memberikan fasilitas serta memelihara kaum miskin," paparnya.

Lalu timbul pertanyaan, dari mana uangnya? Jawabannya adalah pasal 33, cabang produksi yang menyangkut hajat orang banyak dikuasai oleh negara dengan pengelolaannya secara kekeluargaan (demokrasi ekonomi) dan sebesar-besarnya diperuntukan untuk kesejahteraan rakyat.

"Disinilah pentingnya negara dalam menguasai BUMN agar dapat melaksanakan kewajibannya terhadap rakyat. Pada saat krisis pemerintah selalu memberikan bantuan pada swasta yang didapat dari menghutang dengan harapan ekonomi akan kembali membaik. Namun pemerintah lupa terhadap daya beli masyarakat, sehingga hal yang dilakukan ternyata sia-sia," tandasnya. (mnx)

tag: #privatisasi BUMN  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Gerindra Sebut Ucapan Luhut Sebagai Masukan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 03 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Harian Gerindra Dasco menilai pesan Luhut sebagai saran untuk Prabowo. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berpesan kepada ...
Berita

Penumpang Mengamuk, Oknum Tiket Garuda Diduga Ganti Seat Penumpang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Buntut dari dibatalkannya penerbangan jadwal penerbangan para penumpang secara sepihak oleh Maskapai Garuda membuat seorang pria mengamuk di kantor Garuda ruangan tiket ...