Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Jumat, 09 Okt 2015 - 21:55:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Menuai Polemik, RUU Kebudayaan Akhirnya Disepakati Juga Seluruh Fraksi

71rokok_kretek.jpg
Rokok kretek (Sumber foto : BBC)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Seluruh Fraksi di DPR RI menyepakati draf rancangan undang-undang (RUU) Kebudayaan untuk segera dibahas di rapat Paripurna guna disahkan dan menjadi RUU insiatif DPR.

Menurut Wakil Ketua Komisi X Ridwan Hisjam, 10 fraksi DPR RI memyampaikan persetujuannya saat rapat Badan Legislasi (Baleg).

"Saya ada datanya 10 Fraksi tanda tangan sepakat adanya draf RUU Kebudayaan. Jadi (yang) menolak pendapat pribadi bukan Fraksi," ujar Ridwan di DPR, Jakarta, Jumat, (11/10/2015).

Setelah nanti disahkan, lanjut Ridwan, Presiden Joko Widodo akan segera mengeluarkan surat presiden yang isinya menunjuk kementerian terkait untuk melakukan pembahasan penyusunan RUU Kebudayaan tentu dalam hal ini adalah Kementerian Hukum dan HAM.

"Pembahasan nanti kita sangat terbuka. Apabila ada perubahan atau masukan, baik itu judul, ayat-ayat atau pasal-pasal nanti bisa saja dibahas pada saat dengan pemerintah," jelas politisi Partai Golkar itu.(yn)

RUU Kebudayaan sebelumnya menuai polemik di kalangan internal anggota DPR sendiri. Lantaran dalam draf itu ada satu pasal yang dimasukkan dan tidak semua anggota Baleg mengetahuinya.

Pasal itu yakni tentang tentang rokok kretek yang dijadikan warisan kebudayaan dan akan dilindungi. Dalam draf RUU Kebudayaan, kretek tradisional masuk dalam ayat l pasal 37 tentang penghargaan, pengakuan, dan perlindungan sejarah serta warisan budaya. Penjelasan pasal kretek ini ada dalam pasal 49.(yn)

tag: #ruu kebudayaan  #pasal kretek  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...