Berita
Oleh Sahlan pada hari Sabtu, 26 Nov 2016 - 09:30:23 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi X Tolak Penghapusan UN

36dadang-rudiana.jpg
Dadang Rusdiana (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Mendikbud Muhadjir Effendy mewacanakan untuk menghapus ujian nasional (UN). Keputusan ini tinggal menunggu Instruksi Presiden (Inpres).

Anggota Komisi X DPR Dadang Rusdiana menolak keinginan Mendikbud tersebut. Pasalnya, di Indonesia masih membutuhkan pemetaan dan mengetahui pencapaian standar pembelajaran sekolah maupun peserta didik, yang dapat dijadikan dasar bagi perbaikan pada tahun berikutnya.

"Kita belum menyetujui dulu, sepertinya pak menteri yang sekarang ini senang membuat kejutan-kejutan tanpa dibahas dulu dengan matang dengan mitra kerja (Komisi X)," kata Dadang saat dihubungi TeropongSenayan, Sabtu (26/11/2016).

Namun, menurut Dadang, jika UN hanya dimoratorium pada dasarnya itu dibutuhkan sebagai bentuk evaluasi lain untuk mengetahui ketercapaian peserta didik maupun sekolah. Tentunya harus ditetapkan model ujian sekolah, ujian semester atau evaluasi harian yang dilakukan oleh guru.

"Tentunya guru pun harus mendapat pembekalan yang memadai kalau bentuk evaluasi ini berubah," katanya.

Sebenarnya mantan Mendikbud Anies Baswedan sudah memutuskan bahwa UN tidak menentukan kelulusan. Menurut Dadang, Komisi X sebetulnya sudah cukup puas dengan keputusan itu.

"Komisi X memandang perlu adanya pendalaman (soal moratorium UN) sehingga tidak terkesan kita membuat terobosan-terobosan yang makin membuat bingung dunia pendidikan," pungkasnya.(yn)

tag: #kemendikbud  #komisi-x  #ujian-nasional-un  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
BANK DKI JACKONE
advertisement
We Stand For Palestinian
advertisement
HUT RI 79 - SOKSI
advertisement
HUT RI 79 - ADIES KADIR
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kehidupan Pribadi Diusik, Wadirut PT Bank Mandiri Alexandra Dinilai Jadi Korban Pelanggaran HAM

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 20 Sep 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Rencana talkshow Bedah Kasus Skandal Cinta Segi Tiga menghadirkan beberapa pembicara mendapat sorotan tajam, karena mengarah potensi pelanggaran Hak Azasi Manusia (HAM). ...
Berita

Politikus PDIP Ini Sesalkan Sikap Pol PP yang Gusur UMKM di Lenteng Agung

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPRD DKI Jakarta, Dwi Rio Sambodo menyesalkan sikap Satpol PP yang melakukan penggusuran terhadap pelaku UMKM di Lenteng Agung. Hal tersebut disampaikan Rio saat ...