Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 20 Jan 2015 - 21:41:46 WIB
Bagikan Berita ini :

KNKT Bilang Blackbox Air Asia QZ 8501 Sudah Selesai di Download

25TatangKurniawan-Ketua KNKT-Indra.jpg
Tatang Kurniawan, Ketua KNKT (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Ketua KNKT Tatang Kurniadi mengatakan bahwa pihaknya telah berhasil mendownload FDR dan CVR AirAsia QZ 8501 dengan durasi 174 menit atau 2 jam lebih serta 1200 parameter record. Data inilah yang akan dianalisa guna menemukan penyebab musibah kecelakaan tersebut.

Tatang mengungkapkan rekaman kotak hitam AirAsia QZ 8501 merupakan yang memiliki durasi terlama yang pernah di unduh oleh laboratarium KNKT. Selain itu juga kualitas suara CVR AirAsia masih dalam kondisi bagus. Dia berharap semua ini akan mempercepat dan memudahkan para ahli melakuka analisa.

"Blackbox (kotak hitam-red) yang berhasil ditemukan masih dalam kondisi bagus. Dan data CVR selama 2 jam 4 menit bisa terdownload selama 30 menit saja," kata Tatang dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR, di gedung KK V komplek parlemen, Jakarta, Selasa (20/1/2015). Tatang hadir mendampingi Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

Menurut Tatang selama proses mendownload data blackbox tersebut para ahli dan pegawai KNKT tidak tidur. Hal itu dilakukan dengan pertimbangan agar proses berlangsung dengan baik. Mengingat hasil data kota hitam menjadi dasar menguak penyebab musibah kecelakaan ini ditunggu-tunggu oleh banyak pihak.

"Kita sampai tidak tidur pak ketua, tapi akhirnya kita berhasil mendownload semua. Itu berkat doa masyarakat juga, dan laboratarium kita yang cukup memadai. Tapi kita juga butuh tambahan alat mendownload blackbox pak ketua," ujar Tatang. Ketua KNKT ini menjelaskan proses dan prosedur yang dilakukan guna menguak musibah ini.(ris)

tag: #Tatang  #KNKT  #Blackbox  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement