Bisnis
Oleh Givary Apriman pada hari Saturday, 15 Agu 2020 - 17:45:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Customer Satisfication Index Meningkat, Hutama Karya Pertahankan Pelayanan Maksimal Di Jalan Tol

tscom_news_photo_1597474726.jpg
Petugas HK saat melaynani Pengemudi di Pintu Masuk Jalan Tol (Sumber foto : Hutama Karya)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dalam rangka menyambut HUT RI ke -75, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan 2 (dua) jalan tol lainnya di Pulau Jawa, yakni Tol Jakarta Outer Ring Road Seksi S (JORR-S) dan Tol Akses Tanjung Priok (ATP) terus berkomitmen melakukan optimasi padaimplementasi pelayanan optimal sesuai Standar Pelayanan Minimum (SPM) guna memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan tol yang dikelolanya.

Salah satu upaya yang telah dilakukan Hutama Karya untuk memberikan keamanan bagi pengguna jalan tol yaitu dengan mengkampanyekan selamat berkendara di jalan tol melalui kampanye bertajuk Selamat Sampai Tujuan (SETUJU) yang diluncurkan pada 24 Desember 2019 lalu bertepatan dengan momen Mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019.

Kampanye SETUJU ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman pengguna tol mengenai cara aman berkendara di jalan tol in a creative way melalui sebuah Buku Saku SETUJU.

Direktur Operasi I Hutama Karya, Suroto mengatakan bahwa Buku Saku SETUJU acalah cara Hutama Karya selaku pengelola jalan tol untuk mengedukasi pengguna tol mengenai berkendara dengan selamat di jalan tol.

"Buku Saku SETUJU merupakan buku saku berbentuk booklet yang berisikan informasi tata tertib berkendara di Jalan tol, fasilitas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), peta tol, tarif tol, tempat-tempat terdekat di sekitar seperti rest area, rumah sakit, penginapan dan informasi-informasi lainnya seputar JTTS. Ini merupakan bentuk komitmen kami dalam memastikan kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan ketika melintas di tol yang kami kelola mengingat ruas-ruas tol kami memiliki jarak yang cukuppanjang,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa Hutama Karya sebagai pelopor Kampanye SETUJU berharap dengan adanya Kampanye SETUJU ini dapat mengedukasi pengguna jalan tol akan pentingnya memprioritaskan keselamatan dengan cara mematuhi tata
tertib berkendara di Jalan tol.

“Kami harap dengan kampanye ini, angka kecelakaan di jalan tol khususnya dapat berkurang,” tuturnya.

Selain melakukan Kampanye SETUJU secara berkelanjutan, dalam mengoptimasi pencegahan terjadinya kecelakaan dan untuk memberikan pelayanan optimal kepada pengguna jalan tol yang dikelolanya, Hutama Karya juga telah memasang Rumble strip, Rumble dot, dan Lampu Flip-Flop, melakukan himbauan melalui speaker di Gerbang Tol, melakukan patroli malam untuk memberhentikan kendaraan yang terlihat berkendara dengan kurang stabil, dan juga
melakukan aksi simpatik dengan membagikan kopi secara gratis kepada pengguna jalan tol agar tetap selalu terjaga dan terhindar dari rasa kantuk.

Dari sisi pelayanan, Hutama Karya menekankan pada penerapan 3S (Senyum, Sapa, Salam) dalam melayani pengguna jalan di seluruh tol yang dikelolanya. Setiap petugas tol Hutama Karya bukan hanya diwajibkan untuk tersenyum, menyapa dan memberikan salam kepada pengguna jalan tol, namun juga diwajibkan untuk memberikan pelayanan sepenuh hati kepada pengguna jalan tol yang dikelolanya.

“3S merupakan standar perilaku yang wajib diterapkan oleh petugas tol yang dikelola oleh Hutama Karya demi memberi kenyamanan bagi seluruh pengguna jalan tol yang kami kelola.” terang Suroto.

Dengan berbagai keseriusan perusahaan dalam memberikan pelayanan maksimal terhadap pengguna jalan, tak heran jika berdasarkan hasil survey kepuasan pelanggan tahun 2019 oleh PT Sucofindo (Persero) (Sucofindo), Customer Satisfaction Index (CSI) dari pengguna jalan tol yang dikelola Hutama Karya meningkat menjadi 89,6% dari yang sebelumnya pada tahun
2018 hanya mencapai 85,4%.

“Dengan kenaikan CSI tersebut diharapkan dapat memacu kinerja kami untuk selalu memberikan kepuasan kepada pengguna jalan tol yang kami kelola terutama di tengah pandemi Covid-19 ini. Kami tetap harus bisa melayani pengguna tol dengan maksimal namun juga dengan tetap menerapkan protokol Covid-19 yang ketat.” tutup Suroto,
Direktur Operasi I Hutama Karya.

Pelayanan optimal yang dilakukan Hutama Karya ini juga tidak terlepas dari komitmen
perusahaan untuk terus membantu pemerintah dalam menekan angka penyebaran Covid-19.

Hutama Karya terus memperketat protokol Covid-19 di seluruh tol yang dikelolanya. Berbagai aksi simpatik telah dilakukan perusahaan mulai dari pembagian masker, handsanitizer dan tongkat tol kepada pengguna jalan, melakukan pembatasan jumlah personil yang melakukan Work From Office (WFO), menutup fasilitas top up tunai, melakukan penyemprotan disinfektan
secara rutin di gedung kantor, gerbang tol maupun rest area, mewajibkan petugas tol untuk menggunakan APD lengkap (masker, faceshield, sarung tangan, manset panjang) dan apabila dalam kondisi mendesak harus menggunakan Mobile Reader (MR), serta melengkapi petugas tol dengan dengan tas pinggang yang berisikan isi Roller MR dan disinfektan untuk menyemprotkan kartu uang elektronik.

Hutama Karya pada prinsipnya akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik di Jalan Tol yang dikelolanya dengan mengutamakan kenyamanan dan juga keselamatan dari pengguna jalan tol.

Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta memastikan kecukupan saldo Uang Elektronik (UE) sebelum melintas di jalan tol dan apabila pengguna jalan lupa untukmengisi saldo UE dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana didalamnya terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE.

Serta mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, selalu berhati-hati dan tetap menjaga kecepatan berkendara maksimum di rata-rata 60 – 80 km/jam, mengecek kondisi kendaraan sebelum berkendara di jalan tol dan berkendara dalam kondisi prima.

tag: #hutama-karya  #bisnis  #jalan-tol  #corona  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement