Oleh Aswan pada hari Selasa, 23 Nov 2021 - 23:52:29 WIB
Bagikan Berita ini :

Tuntutan Hukuman Sang Istri Marahi Suami Mabuk Akhirnya Dicabut oleh JPU

tscom_news_photo_1637686349.jpg
Sidang Lanjutan perkara Valencya, istri yang memarahi suaminya dalam keadaan mabuk di Pengadilan Negeri Karawang, Selasa (23/11/2021) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Sidang perkara Valencya, istri yang memarahi suaminya dalam keadaan mabuk kembali berlanjut pada hari ini, Selasa (23/11/2021) di Pengadilan Negeri Karawang.

Dalam persidangan tersebut, Jaksa Penuntut Umum menarik tuntutan 1 tahun penjara terhadap Valencya.

Kapuspenkum Kejagung, Leonard Simanjuntak mengatakan, Kejari Kerawang telah menarik surat tuntutan pidana 1 tahun penjara yang telah dibacakan pada sidang 11 November 2021. Hal ini sesuai dengan hasil eksaminasi khusus terhadap tim JPU dan Kejati Jabar.

“Dalam repliknya, jaksa menyatakan terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana kekerasan psikis dalam lingkup rumah tangga sebagaimana pasal 45 a ayat (1) Juncto pasal 5 huruf b Undang-Undang No. 23 tahun 2004 tentang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga,” kata Leonard.

Leonard mengingatkan kasus Valencya merupakan peringatan bagi aparatur jaksa untuk bertugas dengan mengedepankan nurani dan profesional dalam menjalankan tugas. Tidak memaksakan perkara yang sejatinya bisa diselesaikan secara keadilan restoratif ke meja hijau.

Kemudian, Leonard juga menyinggung Jampidum telah menyelesaikan eksaminasi khusus terhadap sembilan jaksa buntut kasus ini dan telah melaporkan hasilnya kepada Jamwas untuk melanjutkan pemeriksaan. Diketahui, Aspidum Kejati Jabar, Dwi Hartanta telah dicopot dalam prosesnya.

Namum demikian, Leonard tidak menjelaskan posisi Kajati Jabar Asep N Mulyana apakah turut dievaluasi karena lalai mengawasi anak buahnya. Padahal mengikuti ketentuan sanksi pengawasan melekat sanksi evaluasi dikenakan hingga dua tingkat ke atas.

Secara struktur, jabatan aspidum berada dua tingkat di bawah kajati. Hal ini yang mengundang spekulasi, secara normatif, Asep berada di ujung tanduk lantaran tidak mampu membina anak buah.

“Bapak Jaksa Agung kembali mengingatkan kepada seluruh jaksa dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya menggunakan hati nurani serta bekerja dengan penuh profesional, berintegritas dan loyalitas untuk mewujudkan keadilan dan kebenaran,” tutur Leo.

tag: #kejaksaan  #istri-marahi-suami-mabuk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...