Oleh Aswan pada hari Kamis, 25 Nov 2021 - 21:36:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Berdayakan Desa, Pakar Komunikasi Politik Sarankan Kolaborasi Antar Stakeholder

tscom_news_photo_1637851798.jpg
FGD P3PD (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pakar Komunikasi Politik Universitas Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto menilai, Program Penguatan Pembangunan Desa (P3PD) cukup relevan dalam kerangka konsolidasi program pembangunan yang dicanangkan pemerintah pusat.

Demikian disampaikan Gun Gun dalam acara Fokus Grup Discussion (FGD) sosialisasi dan strategi Komunikasi Program Penguatan Pembangunan Desa(P3PD) di Jakarta, Kamis (25/11/2021).

"Pertama, mengkonsolidasikan stake holder, baik itu akademisi, pemerintah, NGO, jurnalis sebagai mitra yang harus sinergi dalam konteks pemberdayaan desa, baik itu perangkat maupun masyarakat," ujarnya.

Program pembangunan yang digagas pemerintah, menurutnya, perlu melibatkan berbagai perangkat atau unsur secara komprehensif.

"Kolaborasi antara pemerintah pusat dengan desa dan stakeholder lainnya diperlukan dalam rangka mengkonsolidasikan program pembangunan. Jadi ada efek timbal balik yang proporsional nantinya dan berefek kepada kesejahteraan bersama," jelasnya.

Menurutnya, untuk meresonansikan program-program P3PDP itu dibutuhkan amplifikasi dan forum akademis guna membedah simpul-simpul mana saja yang perlu dikerjakan dan dicarikan solusinya secara bersama.

"Selain ada yang teknis akan disusun, seperti misalnya‎ itu strategi komunikasi atau juga mungkin protokol komunikasi hal lainnya adalah gagasannya itu terdengar dan diresonansikan oleh teman-teman media juga. Menurut saya sebagian publik tidak tahu bahwa ada program pemberdayaan berkelanjutan yang sebenarnya sudah ada programnya, sudah ada dananya, tetapi belum dieksekusi," ungkapnya.

tag: #desa  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement