Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 28 Nov 2023 - 22:01:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Peningkatan Kualitas SDM Langkah Strategis Pengembangan Pariwisata Nasional

tscom_news_photo_1701183660.jpg
Lestari Moerdijat (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pengembangan sektor pariwisata melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan langkah strategis yang harus terus diperluas di seluruh Nusantara.

"Peningkatan ketrampilan dan kualitas SDM adalah salah satu kunci dalam pengembangan sektor pariwisata nasional," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/11).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) saat ini sedang menginisiasi
Kampanye Sadar Wisata 5.0 yang difokuskan untuk mengembangkan SDM, khususnya bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Kampanye itu terkait pengembangan desa wisata yang menjadi salah satu langkah utama dalam memajukan pariwisata berbasis masyarakat.

Saat ini berdasarkan catatan Kemenparekraf ada 4,674 desa wisata di Indonesia. Jumlah tersebut bertambah 36,7% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni 3.419 desa wisata.

Menurut Lestari, langkah pengembangan SDM sektor pariwisata harus mendapatkan dukungan dari semua pihak baik di tingkat pusat maupun di daerah.

Apalagi, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, upaya tersebut juga terkait dengan pengembangan desa tempat tinggal mereka, sehingga dukungan para pemangku kepentingan di daerah sangat diharapkan.

Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu berharap Kampanye Sadar Wisata 5.0 dapat mencakup masyarakat yang lebih luas lagi, sehingga semakin banyak orang yang memiliki pengetahuan terkait pariwisata.

Kekuatan budaya dan kearifan lokal di setiap daerah, ujar Anggota Mejelis Tinggi Partai NasDem itu, juga harus mendapat perhatian untuk diperkenalkan sebagai bagian dari kekayaan budaya bangsa.

Rerie sangat berharap Kampanye Sadar Wisata 5.0 dapat melahirkan SDM pariwisata yang kreatif dan mampu mewujudkan pusat pengembangan budaya dan pertumbuhan pariwisata yang berkelanjutan di daerah masing-masing.

Dengan langkah tersebut, menurut Rerie, upaya menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu tulang punggung perekonomian nasional merupakan sebuah keniscayaan.

tag: #mpr  #lestari-moerdijat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement