Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 08 Apr 2024 - 18:26:06 WIB
Bagikan Berita ini :

Kepatuhan Pemudik Wujudkan Keamanan dan Kenyamanan selama Perjalanan

tscom_news_photo_1712575566.jpeg
Lestari Moerdijat (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Patuhi pengaturan yang diterapkan sepanjang arus mudik untuk menekan angka kecelakaan dan mewujudkan libur Lebaran yang nyaman sebagai sarana memperkuat silaturahmi, serta upaya mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Berbagai upaya untuk menciptakan arus mudik yang aman dan lancar harus dipatuhi. Selain untuk menciptakan keselamatan bersama, arus mudik yang aman dan nyaman berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/4).

Mengutip Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, perputaran uang selama Ramadan dan libur lebaran diperkirakan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal 1-2024 dan diprediksi mencapai Rp157,3 triliun.

Sementara, catatan Divisi Humas Polri menyebutkan di masa arus mudik sampai dengan Minggu (7/4), terjadi 213 kecelakaan lalu lintas dengan korban 23 orang meninggal dunia, 39 orang luka berat, dan 267 orang luka ringan.

Berdasarkan catatan itu, Lestari menghimbau semua pihak untuk tetap mematuhi sejumlah pengaturan yang diterapkan pemerintah, termasuk aparat Kepolisian yang mengatur arus mudik dan balik sepanjang libur Lebaran.

Diakui Rerie, sapaan akrab Lestari, tidak mudah mengatur jutaan orang yang bergerak pada rentang waktu yang hampir bersamaan.

Rerie, yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu berpendapat, hanya dengan kerja sama yang baik antar kementerian dan lembaga, aparat keamanan, serta masyarakat, arus mudik yang aman dan nyaman dapat diwujudkan.

Tanpa kerja sama yang baik semua pihak, tambah Rerie, akan menimbulkan kemacetan di sana-sini yang menimbulkan ketidaknyamanan dan keterlambatan, yang berpotensi mengganggu kesehatan fisik dan mental, serta membahayakan para pemudik selama di perjalanan.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu sangat berharap, perjalanan yang aman dan nyaman sepanjang arus mudik tahun ini dapat diwujudkan, sehingga pergerakan jutaan masyarakat Indonesia di masa libur Lebaran ini juga dapat menjadi bagian pendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

tag: #mpr  #lestari-moerdijat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Pasca Pemilu, Ketua Fraksi PKS Jazuli: Siap Kolaborasi Bangun Bangsa

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 29 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menyatakan pihaknya tidak pernah membatasi diri pasca Pemilu 2024. Menurutnya PKS adalah partai politik yang konsisten mendorong ...
Berita

Ahmad Najib Prediksi Timnas Indonesia Menang 2-1 Lawan Uzbekistan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI Ahmad Najib Qodratullah optimis Timnas Indonesia bakal menaklukan Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 yang digelar di Stadion Abdullah bin ...