Oleh Nofra Khairon, SH.MH (Ketum DPD IMM Riau) pada hari Senin, 30 Sep 2024 - 21:26:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Sang Kuda Hitam itu Ternyata Seorang Srikandi

tscom_news_photo_1727706379.jpg
Karmila Sari (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Hari ini adalah anggota DPR RI terpilih resmi dilantik. pileg 2024 telah usai dan melahirkan pengalaman, kenangan yang melahirkan para pemenang dari dapil masing-masing, baik DPRD kabupaten/kota, Provinsi, maupun pusat (RI).

Berbagai macam spekulasi di sampaikan, ada yang mengatakan pemilihan legislatif (pileg) 2024 adalah pileg paling kacau karena money politik terang-terangan baik dari kandidat maupun warga tidak sungkan-sungkan minta jatah serangan fajar ke caleg.

Hal tersebut menjadi cerita menarik bahan obrolan dimeja kopi di tambah lagi sedang susasana pilkada 2024 semakin mempernikmat goreng pisang ditambah secangkir kopi.

Diantaranya perbincangan hangat adalah DPR RI dapil riau 1, yang meliputi Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Kota Pekanbaru, dan Kota Dumai. Bahkan ada yang menyebut dapil neraka, dapil para tengker, karena diisi para pesaing berat petahana, dua orang mantan gubernur, artis, bahkan wakil mentri.

Diantara nama-nama itu kadang tidak begitu menjadi pusat perbincangan akhrinya keluar sebagai pemenang. layaknya kuda hitam (Dark Horse) yang terjadi di Amerika Serikat pada abad ke-19. Kisah epik tersebut kemudian ditulis kembali oleh Perdana Menteri Inggris yang juga merupakan seorang penulis, Benjamin Disraeli (1804-1881). ternyata kuda hitam itu adalah seorang srikandi.

Beliau adalah Dr. Hj. Karmila Sari, S.Kom.,M.M. (lahir 20 April 1982) adalah seorang Politikus Perempuan Indonesia dari Partai Golongan Karya yang pernah menjabat sebagai DPRD Kabupaten Rokan Hilir dan DPRD Provinsi Riau. saat ini terpilih menjadi sebagai anggota DPR-RI periode 2024–2029 di Dapil Riau I.

Alumni SMA 1 Pekanbaru ini juga pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi Golkar di DPRD Provinsi Riau. Sebuah fraksi besar, dimana 7 fraksi lainnya didominasi laki-laki, bukan menjadi hal yang membuat dirinya kaku dalam bekerja. Di komisipun, Karmila sering mendapatkan amanah sebagai pimpinan termasuk banyak pansus dipercaya sebagai Ketua. Yang paling fenomenal menjadi Ketua Pansus Bank Riau Kepri Syariah dimana 16 persyaratan harus terpenuhi dan dilaksanakan pada saat covid yang membuat pergerakan terbatas.

Dan beberapa pansus strategis lainnya seperti PDRD ( Pajak Daerah dan Retribusi Daerah), RPJMD, Pengarus utamaan gender, dan lain-lain.

Bagi sebagian kalangan masyarakat di Provinsi Riau, Nama Karmila Sari, tidak asing lagi. Khususnya masyarakat Kabupaten Rohil. Dia adalah putri dari H. Bistaman, tokoh masyarakat Riau. Berlatar belakang didikan Ayah seorang tokoh dan berada di lingkaran politik Golkar serta memiliki jiwa sosial yg tinggi juga memberi tempat khusus bagi Karmila utk lebih dekat dan mengabdi utk Riau terutama Rokan Hilir.

Politisi wanita ini juga sudah membuktikan sumbangsihnya untuk daerah kelahirannya. Dengan banyak memberikan perhatian untuk masyarakat dan pemerintah daerah. Pengabdiannya banyak memberikan kontribusi untuk Kemajuan Riau terutama Rokan Hilir, tidak hanya insfrastruktur, SDM juga di bidang lainnya.

Pada tahun 2008, awal mula Karmila Sari menjajaki karier politik dengan masuk ke Partai Golkar. Setahun berselang, ia terpilih menjadi wakil rakyat di Rokan Hilir, kabupaten yang dikenal dengan julukan "Kota Ikan". Ia pun menjabat dalam waktu lima tahun di tanah kelahiran orangtuanya itu.

Lanjut ke Pemilu 2014 dan Pemilu 2019, Karmila terpilih lagi menjadi wakil rakyat. Kali ini naik kelas, menjadi Anggota DPRD Provinsi Riau. Di Pemilu 2014, perempuan cantik meraih suara terbanyak di Rokan Hilir dan suara terbanyak ke-4 di Riau. Yakni dengan perolehan 25.800 suara.

Dan di Pemilu 2024, Karmila Sari naik ke menjadi caleg untuk DPR RI dari Partai Golkar. Lagi, di pertarungannya menuju Senayan itu, ia sukses meraih suara banyak dan mengantarkannya ke DPR RI, berhasil mendapatkan suara terbesar ke 3 se-Riau dengan perolehan suara hampir 90 ribu suara dengan kondisi intimidasi yg luar biasa.

Ini periode ke 4 Srikandi cantik ini menjadi anggota dewan. Dimulai di usia 27 tahun sebagai dewan kabupaten satuy periode, lalu 2 periode provinsi. di tahun 2024 ini dengan perjuangan yang luar biasa, berkompterisi dengan dua orang mantan gubernur, dua orang caleg utusan DPP, keluarga dari kepala daerah dan pengusaha.

Di periode pertama di DPRD Riau, ia pernah dipercaya menjadi Wakil Ketua Komisi V, yang membidangi urusan ekonomi dan keuangan. Bidang ekonomi dan keuangan yang dibidanginya saat itu sejalan dengan latar belakang pendidikan serta pengalamannya berbisnis bersamakeluarga. Ia memang familiar dengan urusan ekonomi karena memang jenjang pendidikan tingginya, mulai dari S1 sampai S3, berkaitan erat dengan manajemen.

Selain itu, Karmila merupakan satu-satunya Ketua Fraksi dan Anggota DPRD Perempuan yg berhasil menyelesaikan S3 dan sempat mendapatkan penghargaan terpopuler di media sosial dari Golkar Institute serta penghargaan politisi perempuan terbaik versi JMSI ( Jakarta Media Siber Indonesia).

Selamat untuk Karmil, Riau bangga atas hasil karya dan pengabdian srikandi Golkar ini dan dirinya merupakan aset Riau yang harus sama-sama kita dukung untuk menciptakan Karmila- karmila lainnya. Besar harapan Riau untuk konsistensi pengabdian Karmila dan teman2nya yang berjuang di senayan. Kekompakan dan komitmen menjadi kunci utama.

Pada akhirnya sang kuda hitam itu adalah seorang srikandi yang sangat dekat dengan masyarakat, berprestasi dan teruji dengan pengalaman. Kita berharap beliau akan menjadi corong asprasi masyarakat riau khususnya dapil I di senayan terutama terkait dengan isu-isu keperempuanan.

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #partai-golkar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
BANK DKI JACKONE
advertisement
We Stand For Palestinian
advertisement
HUT RI 79 - SOKSI
advertisement
HUT RI 79 - ADIES KADIR
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement
Lainnya
Opini

Partai Golkar Harus Klarifikasi

Oleh Rizal Fadila
pada hari Selasa, 01 Okt 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Beredar video orang yang mirip dengan FEK yang berstatus Tersangka dalam kasus penyerbuan gerombolan acara FTA di Grand Hotel Kemang 28 September 2024. Ia terlihat berada ...
Opini

Presiden Joko Widodo Wajib Berhenti Dalam Masa Jabatan, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Selama menjabat Presiden dua periode 2014-2019 dan 2019-2024, Jokowi telah melakukan banyak pelanggaran peraturan perundang-undangan dan Konstitusi. Ada tiga modus ...