Berita
Oleh Aris Eko pada hari Rabu, 31 Des 2014 - 23:52:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Inilah Tujuh Kejadian Terheboh di DPR Tahun 2014

26Adian Tidur.jpg
Adian Tertidur (Sumber foto : Mandra Pradipta/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Selama masa persidangan pertama, DPR masa bhakti 2014-2019 terjadi berbagai peristiwa heboh dan unik. Selain menyedot perhatian masyarakat luas, kejadian tersebut juga membuat keprihatinan publik. Berikut tujuh kejadian terheboh yang direkan TeropongSenayan.

1. Ceu Popong Kehilangan Palu
Popong Otje Djunjunan menjadi bintang di gedung parlemen Senayan, saat awal DPR masa bhakti 2014-2019 memulai bekerja. Anggota DPR berusia 76 tahun dari Partai Golkar itu didapuk menjadi pimpinan sementara untuk menetapkan Pimpinan DPR yang definitif (1/10/2014). Saat hendak menskors sidang karena ricuh, politisi asal Bandung itu sempat kehilangan palu. “Mana paluna euweuh (mana palunya hilang-red)?," teriak Ceu Popong. Kontan, sebagian anggota DPR yang berkerumun ditengah ketegangan itupun sempat dibuat ketawa geli.(ris)

2. Adian Napitupulu Tertidur Saat Sidang
Adian Napitupulu aktivis Forkot yang menjadi anggota Fraksi PDIP ini sempat tertangkap kamera wartawan saat tertidur mengikuti sidang Sidang Paripurna DPR Tandingan (4/11/2014). Mengenakan jas hitam mengkilat, kemeja putih dan dasi merah, Adian tampak tidak tergangu dengan sekitarnya. Padahal saat sidang itu terjadi interupsi yang diiringi suara anggota yang berbicara dengan lantang melalui microphone. Namun Adian membantah disebut tidur. Dia berdalih hanya terpejam.

3. Rapat Paripurna DPR Tandingan
Rapat Paripurna DPR Tandingan yang digelar anggota DPR Koalisi Indonesia Hebat (KIH) Jumat (31/10/2014) membuat situasi di gedung parlemen heboh. Pasalnya, baru kali ini selama perjalanan parlemen di Indonesia. Rapat Paripurna ini sebagai bentuk protes terhadap aktivitas DPR yang 'dikuasai' oleh rivalnya Koalisi Merah Putih (KMP). Akhirnya perseteruan yang dipicu oleh keinginan KIH mendapatkan kursi pimpinan di Komisi dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) bisa diselesaikan dalam perundingan di rumah Hatta Rajasa.

4. Hasrul Menjungkirbalikan Meja
Rapat Paripurna DPR ke-7 dengan agenda penempatan anggota-anggota Komisi dan pemilihan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) kembali memanas dan berjalan sangat alot (28/10/2014). Perseteruan KIH dengan KMP berimbas pada Fraksi PPP yang memang ada dua kepengurusan kembar. Saking panasnya, Hasrul Azwar, politisi PPP menjungkirbalikan meja karena kesal kepada pimpinan DPR yang dinilai menutup sidang secara sepihak dan mengabaikan usulan yang disampaikan sejumlah politisi PPP.

5. Kucing Berak di Nusantara III Saat Pelantikan Jokowi-JK
Ada kejadian unik usai pelantikan Joko Widodo dan Jusuf Kalla resmi menjadi presiden dan wakil presiden ke-7 Indonesia (20/10/2014). Tepatnya, terjadi lantai marmer yang menghampar di gedung Nusantara III DPR. Entah datang dari mana, ada seekor kucing bewarna kuning belang berukuran kecil membuang hajat atau berak di lantai dekat pintu metal detector gedung Nusantara III. Berada di lantai marmer yang mengkilap, onggokan kotoran kucing itu tampak mencolok.

6. Bentrok Golkar
Ini kejadian yang memprihatinkan. Dua kubu Massa Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) bentrok. Mereka adalah massa AMPG yang diketuai Yorrys Raweyai melawan massa AMPG yang dipimpin Ahmad Dolli Kurnia. Mereka bentrok saat DPP Golkar akan menggelar rapat pleno, di kantor DPP Partai Golkar, jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta. Rapat yang akan membahas persiapan Munas ini memang memicu pertentangan tajam di Golkar. Bentrok ini berlanjut terbentuknya kepengurusan kembar dalam partai beringin.

7. Ruhut Ogah Makan Gaji Buta
Sudah sebulan dilantik, para anggota DPR nyaris belum bisa menjalankan tugas dengan normal. Mereka masih ribut dengan persoalan internal. Perseteruan kubu KMP versus KIH, membuat DPR hanya bertengkar tiap hari. Politisi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, saat interupsi dalam Sidang Paripurna (4/11/2014) mengingatkan koleganya di DPR mereka semua makan gaji buta karena tidak bisa bekerja akibat kisruh yang berlarut-larut.(ris)

tag: #Adian  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement