TSMuda
Oleh Jeems Suryadi Gani, mahasiswa Fisip UPN Veteran Jakarta pada hari Jumat, 09 Sep 2016 - 06:43:51 WIB
Bagikan Berita ini :
Pembekalan Lulusan Fisip UPN "Veteran" Jakarta:

Jadi Entrepreneur, Itu Baru Modern

77UPN-FISIP-ZABADI.jpg
Direktur Utama LLP KUKM Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi SE,MM [kiri], menerima piagam dari Dekan Fiip UPN Veteran Jakarta usai memberikan pembekalan kepada para lulusan dengan tema ‘Membangun Semangat Entrepreneurship yang Aktif, Kreatif, dan Konstruktif’, di kampus Pondok Labu, Jakarta Selatan [3/9/2016]. (Sumber foto : fisip upn)

JAKARTA [TEROPONGSENAYAN] – Para lulusan sarjana FISIP UPN "Veteran" Jakarta tahun akademik 2016 mendapatkan pembekalan kewirausahaan, awal September (3/9/2016) lalu. Seminar yang diisi oleh Ahmad Zabadi, S.H., M.M., Direktur Utama LLP KUKM (Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah) Kementerian Koperasi dan UKM ini bertemakan ‘Membangun Semangat Entrepreneurship yang Aktif, Kreatif, dan Konstruktif’.

Dalam paparannya, Ahmad Zabadi menyampaikan beberapa poin kepada para calon wisudawan dan wisudawati tentang kewirausahaan. Dari cara memulai usaha, potensi-potensi wirausaha yang bisa dikembangkan, dan cara untuk meningkatkan semangat wirausaha.

Ia juga mengajak para lulusan untuk mengunjungi gedung Smesco, yakni pusat industri ekonomi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Di sana nanti para calon entrepreneur akan dibantu untuk memulai usahanya, dan mendapatkan ilmu-ilmu baru tentang kewirausahaan.

Pembicara mengatakan bahwa sebagai lulusan baru, baiknya harus bersemangat dalam membuka lapangan kerja dan memulai usaha sendiri. "Kalau sekarang, lulus lalu jadi karyawan itu sudah kuno. Tapi lulus jadi entrepreneur, itu baru modern," ucapnya di seminar yang diselenggarakan di Aula FISIP UPN ini.

Kemudian acara dilanjutkan dengan upacara pelepasan para lulusan, diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara. Pada pembukaan acara, Dekan FISIP Dr Fredy BL Tobing, MSi mengajak seluruh lulusan untuk menjadi entrepreneur [wirausaha]. Menurut dia, wirausaha adalah sektor paling potensial untuk mendongkrak perekonomian Indonesia.

Sedangkan tujuan dari seminar ini seperti disampaikan oleh Dekan FISIP, adalah diharapkan para lulusan Fisip bisa menjadi entrepreneur yang aktif, kreatif, dan konstruktif. Dengan menjadi wirausahawan, kata Dekan, para lulusan Fisip bisa membantu perekonomian Indonesia serta memajukan sektor industri kreatif Indonesia.

Kemudian acara dilanjutkan dengan memanggil satu per satu para lulusan untuk diberikan Surat Keterangan Lulus (SKL). Diawali dari program studi Ilmu Komunikasi dengan jumlah lulusan 171 orang. SKL diberikan oleh Kepala Program Studi (Kaprogdi) Ilmu Komunikasi Damayanti, MSi. Selanjutnya adalah lulusan program studi Ilmu Hubungan Internasional dengan jumlah lulusan 39 orang. SKL diserahkan oleh Kaprogdi Hubungan Internasional Asep Kamalludin MSi.

Pada akhir acara lulusan terbaik dari Fisip UPN Yara Aprilia, yang meraih IPK 3,93 menyampaikan pidato kelulusan. Mahasiswa Progdi Ilmu Komunikasi ini mengajak para lulusan lain untuk semangat menjadi entrepreneur. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada fakultas atas jasa-jasa yang diberikan kepada mahasiswa. [b]

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSMuda Lainnya
TSMuda

Ikopin Jadikan Pekan Kewirausahaan Nasional Agenda Tahunan

Oleh Bani Saksono
pada hari Sabtu, 11 Nov 2017
BANDUNG (TEROPONGSENAYAN) – Turut aktif dalam program pengembangan kewirausahaan nasional, Institut Koperai Indonesia (Ikopin) aka menjadikan Pekan Kewirausahaan Nasional (PKN) sebagai agenda ...
TSMuda

UI Sukses Luncurkan Mobil Listrik

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Universitas Indonesia (UI) meluncurkan "Molina UI-EV Bus" sebagai pelopor bus penumpang berkapasitas besar dan bertenaga listrik pertama di Indonesia yang dirancang bangun ...